Tata Kota Jakarta Dinobatkan Terburuk di Dunia, Wagub DKI: Apa Iya Begitu?

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 11:48 WIB
Suasana deretan gedung bertingkat di Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.)
Suasana deretan gedung bertingkat di Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.)

Sebuah platform arsitektur, yakni Rethinking The Future menobatkan Jakarta sebagai kota yang memiliki tata kota terburuk di dunia. Lantas bagaimana tanggapan Pemprov DKI terkait hal itu?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu predikat yang diberikan dari platform media arsitektur tersebut.

Baca Juga: Anies Baswedan Mau Markas Kopassus Jadi Role Model Tata Kota

"Nanti akan kami pelajari, apa iya Jakarta sebagai kota terburuk di dunia dalam tata kotanya, kita akan pelajari," ucapnya di Balai Kota DKI, Selasa (24/8/2021).

Kendati demikian, ia mengakui, banyak persoalan yang belum teratasi, seperti banjir dan kemacetan lalu lintas. Namun, Riza memastikan masalah-masalah itu masih terus dicarikan solusinya.

"Prinsipnya semua gubernur dari dulu sampai sekarang berusaha menjadikan Jakarta jadi kota yang lebih baik. Semua aspek, semua sektor termasuk tata kotanya diperbaiki," terang Riza.

Meski begitu, politisi Gerindra ini mengklaim bahwa seluruh jajaranya sudah berusaha sedikit demi sedikit memperbaiki berbagai aspek tata kelola di ibu kota.

"Alhamdulillah sekarang ada perbaikan dari sana-sini, masalah air bersih, polusi udara, penghijauan, semuanya termasuk pendidikan, kesehatan, sekarang dituntut juga tata kota," tandasnya.

Penilaian terburuk untuk Jakarta yang diberikan platform tersebut dikarenakan Jakarta salah satu kota terpadat dengan kemacetan lalu lintas yang cukup ekstrem.

Selain itu, buruknya perencanaan pembangunan di ibu kota pun menyebabkan ruang terbuka hijau (RTH) di ibu kota masih sangat minim.

Penilaian buruk tersebut juga diberikan lantaran perencanaan pembangunan di ibu kota dianggap sangat buruk.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X