Bamsoet Minta Pemda & BNPB Persiapkan Tempat Evakuasi yang Aman Bagi Korban Gempa NTT

- Rabu, 15 Desember 2021 | 13:39 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengingatkan kepada pemerintah daerah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPBD dapat mempersiapkan tempat evakuasi yang aman serta memadai bagi masyarakat yang terdampak dari gempa bumi bermagnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Meminta pemerintah daerah, BNPB, dan BPBD mempersiapkan tempat evakuasi yang aman dan memadai bagi masyarakat yang wilayahnya terdeteksi terkena dampak apabila terjadi gempa ataupun tsunami," ujar Bamsoet kepada wartawan dikutip Rabu (15/12/2021).

Diketahui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ada 346 rumah rusak dan 770  warga mengungsi akibat gempa bumi dengan magnitudo 7,4 yang terjadi di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabupaten Kepulauan Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan, masih menjadi wilayah yang paling banyak melaporkan kerusakan bangunan rumah akibat terdampak gempa.

Baca juga: Warga Mengungsi Akibat Gempa Bumi Jenis Swarm di Ambarawa, Ini Foto-fotonya

Terpenting menurut Bamsoet adalah memastikan ketersediaan tenda pengungsian, makanan, pakaian, dan juga tempat evakuasi yang memenuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Disisi lain, Bamsoet menyarankan kepada pemerintah ke depannya dapat melakukan relokasi kepada warga yang saat ini tinggal di wilayah rawan bencana. Diharapkan mereka dipindahkan ke tempat yang lebih aman guna mencegah adanya korban jiwa ketika bencana alam datang.

"Meminta pemerintah ke depannya merencanakan relokasi warga yang saat ini tinggal di wilayah rawan bencana, untuk pindah ke daerah yang lebih aman guna mencegah adanya korban jiwa dan memastikan masyarakat tinggal di tempat yang lebih aman dan nyaman," beber Bamsoet.

Disisi lain, Politisi Partai Golkar ini menekankan pentingnya pemerintah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana secara masif memberikan edukasi terkait mitigasi bencana kepada masyarakat, khususnya di wilayah Sulsel dan Maluku.

"Agar masyarakat tidak panik karena memiliki pengetahuan yang baik apabila bencana terjadi," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X