Veronica Koman Dukung BEM UI Kritik Jokowi & Firli Bahuri: Mantap! Gas Terus Sampai DPO

- Selasa, 29 Juni 2021 | 18:01 WIB
Kolase meme Jokowi, Firli Bahuri, dan Veronica Koman. (Twitter)
Kolase meme Jokowi, Firli Bahuri, dan Veronica Koman. (Twitter)

Aktivis dan pengacara HAM Veronica Koman turut memberi dukungan terhap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) yang belakangan bikin heboh setelah membuat meme-meme yang mengkritik pemerintahan Jokowi.

Belakangan, BEM UI juga membuat meme untuk mengkritik kinerja Ketua KPK saat ini, Firli Bahuri, dengan memampangkan "prestasi" Firli menurut pada buzzer.

Veronica yang saat ini berstatus sebagai DPO karena pergerakannya mendukung kemerdekaan Papua, turut menyemangati BEM UI.

"Mantap remnya BEM UI blong nih, lanjut gas terus sampe DPO," cuitnya di Twitter, Selasa (29/6/2021).

BEM UI sendiri membuat kumpulan "prestasi" Firli Bahuri sejak masih menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK hingga diangkat menjadi Ketua KPK.

Sementara itu, Presiden RI Jokowi menganggap kritik BEM UI terhadapnya sebagai hal yang lazim. Namun, ia mengingatkan soal budaya tata krama di Indonesia.

“Saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa dan ini negara demokrasi, jadi kritik itu boleh-boleh saja dan universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa untuk berekspresi. Tapi juga ingat, kita ini memiliki budaya tata krama, memiliki budaya kesopansantunan,” ujarnya, Selasa (29/06/2021), di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi mengaku memaklumi kririk BEM UI terhadapnya. Ia sendiri mengingat semua istilah kritik yang pernah dilayangkan padanya.

“Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer, ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo, kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter, kemudian ada juga yang ngomong saya ini ‘bebek lumpuh’, dan baru-baru ini ada yang ngomong saya ini ‘Bapak Bipang’, dan terakhir ada yang yang menyampaikan mengenai ‘The King of Lip Service’,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X