Soal Calo, Tjahjo Kumolo Yakin Sistem Seleksi CPNS Tak Akan Ditembus

- Rabu, 24 Maret 2021 | 15:59 WIB
Menteri PAN-RB Tjahjo kumolo (ANTARA/Muhammad Adimaja)
Menteri PAN-RB Tjahjo kumolo (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Komisi II DPR RI menanyakan persiapan antisipasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam menghadapi calo saat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo menjelaskan, sejatinya sistem penerimaan CPNS kini tak akan bisa ditembus oleh siapapun termasuk calo. Walaupun calo tersebut memberikan bayaran dengan nilai yang tinggi. 

"Sebenarnya enggak mungkin ini, sistemnya enggak mungkin sebenarnya. Orang mau bayar berapapun enggak akan mungkin,” kata Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Rabu (24/3/2021).

Karena itu mengenai urusan calo tak mungkin bisa meloloskan orang-orang titipan untuk masuk seleksi CPNS. Hanya saja, dia mengaku modus calo sangatlah beragam.

"Tapi untuk calo sangat sulit Pak, karena modusnya macem-macem dan dengan hormat yang ditangkap itu juga mantan PNS, yang punya jaringan. Ini ya, di PAN RB dan di BKN tidak memperkuat rambu-rambu itu loh," tutur Tjahjo.

BACA JUGA: Seleksi CPNS Bakal Dibuka, Tjahjo Kumolo Ingatkan Calo yang Bakal Bergentayangan

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa jajaran Kemenpan-RB agar tak bermain soal seleksi CPNS ini. Dikarenakan jika ketahuan, maka akan langsung dipecat.

"Jadi sulit untuk kita bermain, karena sanksinya kalau ketahuan ya akan kita pecat jika ada yang bermain," pungkasnya.

Sebelumnya Tjahjo Kumolo yang menyebut bakal banyak calo bergentayangan jelang seleksi CPNS. Demikian dikatakan Tjahjo dalam rapat kerja bersama dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021).


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X