Terungkap! Begini Cara Penipu Rekrutmen Karyawan Citilink

- Senin, 8 Februari 2021 | 18:36 WIB
Pesawat maskapai Citilink. (Instagram/@citilink)
Pesawat maskapai Citilink. (Instagram/@citilink)

Polres Bandara Soekarno Hatta (Soetta) baru saja berhasil membongkar kasus penipuan rekrutmen karyawan Citilink dan berhasil menangkap satu tersangka tunggal dalam kasus ini. Polisi pun membeberkan modus tersangka.

Kasat Reskrim Polres Bandara Soetta, Kompol Alexander Yurikho menyebut tersangka NAP awalnya berusaha menawarkan pekerjaan keenam korban. Dia menawarkan, jika dirinya bisa memasukan para korban bekerja di Citilink.

"Tersangka mengaku kenal dengan saudara Chandra Zharnas Yolanda dengan jabatan Humas PT Merpati adalah rekan tersangka dan merupakan tersangka sendiri," kata Kompol Alex dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (8/2/2021).

Baca Juga: Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara

Setelah para korban tertarik, pelaku meminta uang puluhan juta kepada para korbannya. Dalihnya uang tersebut bakal digunakan untik pelicin agar para korban bisa dengan mulus menjadi karyawan Citilink.

"Tersangka meminta kepada enam korban sejumlah uang untuk pelicin, membeli seragam, biaya training dan menjanjikan bekerja di Citilink sebagai counter check in. Uang ditransfer ke rekening tersangka," beber Alex.

Setelah uang diterima, tersangka mulai melakukan penipuan lain dengan cara membuat satu grup WhatsApp. Grup itu pun digunakan tersangka untuk berkoordinasi dengan para korbannya seolah-olah korban sudah diterima bekerja di Citilink namun korban masih bekerja di rumah alias WFH.

"Untuk meyakinkan korban telah diterima bekerja di Citilink, tersangka membuat grup WA 'Counter Check in Staf' yang digunakan untuk absensi selama bekerja," kata Alex.

"Dengan alasan WFH tersangka meminta para korban absen di grup WA dengan cara, mengetik nama, nomor ID pegawai yang tentunya direkayas tersangka dan share location. Nantinya akan di transfer gaji pada bulan Februari 2021," sambung dia.

Merasa tertipu, korban pun melaporkan tersangka ke polisi. Tak butuh waktu lama, polisi berhasil menangkap tersangka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X