Kisruh di Thailand: Mulai dari Unjuk Rasa, Sampai Intrik Selir Raja di Istana

- Rabu, 2 Desember 2020 | 18:57 WIB
Kontroversi Raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn dan selirnya Sineenat Koi Wongvajirapakdi. (Instagram/@sinneenat2528).
Kontroversi Raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn dan selirnya Sineenat Koi Wongvajirapakdi. (Instagram/@sinneenat2528).

Kehidupan Raja Maha Vajiralongkorn terus menjadi sorotan dan bahan pergunjingan massa anti pemerintahan di Thailand. Aksi demo massa di jalanan masih terus berlanjut yang kini juga menyindir cara tingkah laku poligami sang raja, termasuk kontroversi selir Sinneenat

Melansir South China Morning Post (SCMP), kontroversi tingkah laku raja yang dianggap sebagai Don Juan memang sudah disorot dari lama. Namun mencuat kembali setelah Sinneenat kembali muncul saat Raja Maha dan Ratu Suthida menemui massa pro pemerintah November lalu.

-
Aksi unjuk rasa di Thailand. (REUTERS/Soe Zeya Tun).

Kembalinya Sineenat setelah dipecat dan diasingkan karena ketidaksetiaan, mencuatkan sebuah rumor rencana untuk menggulingkannya. Kubu Ratu Suthida dikatakan berusaha untuk menyingkirkan Sineenat lagi.

Kembalinya sang selir terjadi ketika istana tengah berjuang untuk meningkatkan citranya di tengah protes pro-demokrasi dan 'perebutan kekuasaan yang buruk' di dalam tembok istana, kata pengamat.

Sejak Sinneenat dipekerjakan kembali pada bulan September, dia telah berkeliling provinsi-provinsi Thailand dalam ledakan hubungan masyarakat di tengah gerakan pro-demokrasi yang berkecamuk di seluruh negeri.

Menurut ilmuwan politik Puangchon Unchanam dari Universitas Naresuan, peran publik Sineenat adalah untuk membuat para bangsawan disayangi oleh pemuda Thailand, karena "dia muda, energik, cantik, bugar, ramah dan sporty".

Baca Juga: Kontroversi Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand, Raja Terkaya yang Suka Kawin

Namun kembalinya sang permaisuri juga telah memunculkan kembali intrik tentang istana, termasuk spekulasi tentang rencana pendukung Ratu Suthida untuk menggulingkannya. Terutama setelah skandal yang merilis ratusan foto intim yang menampilkan Sineenat. 

-
Raja Thailand an Ratu Suthida. (REUTERS/Chalinee Thirasupa)

Sejak dia dipekerjakan kembali pada bulan September, dia telah berkeliling provinsi-provinsi Thailand dalam ledakan hubungan masyarakat di tengah gerakan pro-demokrasi yang berkecamuk di seluruh negeri.

Namun kembalinya sang permaisuri juga telah memunculkan kembali intrik tentang istana, termasuk spekulasi tentang rencana pendukung Ratu Suthida untuk menggulingkannya - terutama setelah skandal yang merilis ratusan foto intim yang menampilkan Sineenat bulan lalu.

Menurut ilmuwan politik Puangchon Unchanam dari Universitas Naresuan, peran publik Sineenat sebelumnya adalah untuk membuat para bangsawan disayangi oleh pemuda Thailand, karena "dia muda, energik, cantik, bugar, ramah dan sporty".

-
selirnya Sineenat Koi Wongvajirapakdi. (Instagram/@sinneenat2528).

Namun saat ini statusnya sendiri menimbulkan masalah citra, karena generasi baru Thailand mempertanyakan penghormatan tanpa syarat dari monarki sebagai bagian dari tuntutan yang lebih luas untuk demokrasi dan kesetaraan yang lebih besar di negara ini.

“Statusnya tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial anak-anak muda saat ini, yang mempromosikan monogami, kesetaraan gender, dan ideologi feminis dalam masyarakat Thailand,” kata Puangchon.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X