Mahfud MD dan Tito Karnavian Pantau Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

- Kamis, 18 Juni 2020 | 15:26 WIB
Perbatasan Indonesia dan Timor Leste. (ANTARA/Genta Mawangi)
Perbatasan Indonesia dan Timor Leste. (ANTARA/Genta Mawangi)

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, pantau kondisi perbatasan negara Indonesia - Timor Leste di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain NTT, (18/6/2020).

Kehadiran Mahfud MD di kawasan perbatasan negara ini, untuk memantau langsung proses program percepatan pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah, khususnya percepatan pembangunan ekonomi di kawasan PLBN Motaain.

Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut, kesejahteraan masyarakat wilayah terdepan Indonesia menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional.

Apalagi diketahui kalau PLBN Motaain merupakan salah satu perbatasan yang masuk program percepatan pembangunan ekonomi, bersama perbatasan Skow, Papua dan Perbatasan Aruk, Kalimantan Barat.

"Perbatasan harus kita jaga dengan sungguh-sungguh, satu jengkal pun tidak boleh dilanggar," ucap Mahfud dalam keterangannya, Kamis (18/6/2020).

Menurut Mahfud, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilki perhatian khusus terhadap pembangunan daerah perbatasan. Selain membangun dan menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah perbatasan, pemerintah telah memberikan perhatian khusus terkait kebutuhan sarana prasarana pertahanan dan keamanan.

"Salah satu arti penting kita bertemu disini, adalah menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, serta membnagun ekonomi kawasan perbatasan, " terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mendagri Tito Karnavian menjelaskan kalau Presiden Jokowi sangat serius membangun Indonesia dari perbatasan, salah satunya perbatasan Indonesia - Timor Leste.

"Daerah perbatasan menjadi titik tekan pemerataan pembangunan. Pos lintas batas sebagai beranda kedaulatan negara," pungkas Tito.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X