Koarmada I TNI Angkatan Laut Gelar Latihan Operasi Amfibi 2021

- Rabu, 7 April 2021 | 00:38 WIB
 Kaskoarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto meninjau kesiapan pasukan Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/4/2021).  (photo/ANTARA/HO/Humas Koarmada I)
Kaskoarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto meninjau kesiapan pasukan Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/4/2021). (photo/ANTARA/HO/Humas Koarmada I)

Komamdo Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut kabarnya telah menggelar latihan operaai Amfibi tahun 2021 ditandai gelar apel pasukan di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/4).

Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, mengatakan latihan itu bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan, baik materiil maupun personel peserta latihan secara nyata.

"Latihan yang dilaksanakan selama 18 hari, sejak 29 Maret 2021 hingga 15 April 2021," ujar Rasyid dikutip dari ANTARA. 

Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 dengan tema “Koarmada I melaksanakan Latihan Operasi Amfibi di Jakarta, Laut Jawa dan Dabo Singkep dalam rangka merebut kembali wilayah kedaulatan NKRI”.

Baca juga: Kesaksian HRS Soal Penembakan Laskar FPI Terbukti Usai 3 Oknum Polisi Jadi Tersangka

Latihan tersebut tentunya bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) serta mensinergikan kemampuan Unsur-unsur utama dan pendukung dalam melaksanakan Operasi Amfibi.

Latihan Operasi Amfibi Koarmada I Tahun 2021 akan melibatkan sebanyak 1.200 personel, 7 KRI, 5 pesawat udara, 10 kendaraan tempur yang terdiri dari BTR-50 6 unit dan BMP-3F sebanyak 4 unit, dengan daerah latihan di Jakarta, Laut Jawa, Laut Natuna Utara dan Dabo Singkep.

"Latihan ini juga sekaligus sebagai latihan Pra-Armada Jaya yang dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan awal Juli 2021," tutur Rasyid.

Pangkoarmada I menekankan kepada seluruh personel yang terlibat untuk perhatikan keamanan latihan dengan menepati semua prosedur yang telah ditetapkan, dengan perhitungan yang cermat dan pertimbangan yang logis.

Selain itu juga ditekankan untuk melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan profesionalisme dan menguji kesiapan tempur Koarmada I serta mengutamakan keselamatan personel dan materiil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X