Adik Perempuan Kim Jong Un Mulai Aktif Semprot AS: Jangan Buat Kesal Kalau Mau Damai

- Selasa, 16 Maret 2021 | 13:44 WIB
Kim Yo Jong, adik dari Kim Jong Un. (REUTERS/Jorge Silva)
Kim Yo Jong, adik dari Kim Jong Un. (REUTERS/Jorge Silva)

Saudara perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mengkritik latihan militer yang sedang berlangsung di Korea Selatan. Ia juga memperingatkan pemerintahan baru Amerika Serikat untuk tidak buat ulah kalau ingin berdamai, kata kantor berita negara Korut melaporkan, Selasa (16/3/2021).

"Kami mengambil kesempatan ini untuk memperingatkan pemerintahan baru AS yang berusaha keras melakukan perbuatan tak menyenangkan di negeri kami," kata Kim dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara, KCNA, melansir dari Reuters.

"Kalau AS ingin berada dalam keadaan damai selama empat tahun mendatang, pertama-tama lebih baik jangan sampai membuat kesal," tambah adik dari Kim Jong-un itu.

Baca Juga: Berpotensi Terbakar, Hyundai Tarik Puluhan Ribu Mobil Kona Electric Miliknya!

Pernyataan itu keluar sehari sebelum menteri luar negeri dan menteri pertahanan AS akan tiba di Seoul untuk pembicaraan pertama dengan mitra-mitra mereka di Korea Selatan.

Korea Utara sejauh ini menolak permintaan Amerika Serikat untuk melakukan dialog, Gedung Putih mengatakan pada Senin (15/3/2021). 

Pernyataan itu muncul pada saat ketaknyamanan hubungan AS-Korut, yang dimulai di bawah Presiden Donald Trump, telah menjalar ke kepresidenan Joe Biden.

Pemimpin Korut Kim Jong Un sempat mengadakan tiga pertemuan puncak tingkat tinggi dengan Trump dan saling bertukar surat beberapa kali.

Tapi, negara bersenjata nuklir itu kemudian mengakhiri pembicaraan dan mengatakan tidak akan berhubungan lebih jauh kecuali Amerika Serikat mencabut kebijakan-kebijakannya yang bermusuhan.

Pasukan Korea Selatan dan AS sudah memulai latihan militer bersama pada musim semi, yang terbatas pada simulasi komputer karena risiko virus corona, juga karena ada ikhtiar yang berlangsung untuk merangkul Korea Utara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X