Kisah Kartini Bertahan Hidup 10 Tahun di Hutan, Sudah Biasa dengan Hantu

- Rabu, 8 Juli 2020 | 14:53 WIB
Kartini, wanita yang tinggal di hutan selama 10 tahun. (Screenshot)
Kartini, wanita yang tinggal di hutan selama 10 tahun. (Screenshot)

Seorang wanita bernama Kartini yang tinggal di perbatasan Rembang, Jawa Tengah-Tuban, Jawa Timur mampu bertahan hidup di tengah hutan seorang diri selama 10 tahun lebih. Hal tersebut membuatnya jadi terbiasa dengan kondisi alam.

Rumah Kartini berada di pedalaman yang akses masuknya hanya bisa menggunakan kendaaraan yang sesuai dengan medan terjal.

Namun, tinggal di tengah hutan sebenarnya bukan kemauan Kartini. Sebab, Kartini telah ditipu oleh seorang oknum saat hendak membeli sebidang tanah di hutan.

Penjual tanah tersebut mengatakan bahwa lokasi tersebut dalam waktu dekat akan ramai penduduk. Namun, bertahun-tahun berlalu, tak ada satu pun warga yang membangun rumah di tanah dekat rumah Kartini. Alhasil, ia pun jadi tinggal seorang diri sampai saat ini.

Untuk bertahan hidup, Kartini memanfaatkan lahan sekitarnya. Ia menyulap lahan tersebut menjadi perkebunan singkong, cabai, jeruk dan lain sebagainya.

Meski tinggal di pedalaman, Kartini mampu menyekolahkan anaknya hingga lulus SMK dan Sarjana. Dia berhasil menyelesaikan pendidikan anaknya meski harus mengurusnya seorang diri setelah sang suami meninggal.

Tinggal di hutan dan mengurus perkebunan bukanlah hal yang mudah bagi Kartini. Dia harus merogoh kocek sebesar Rp10 juta untuk membayar orang agar lahannya tak dipenuhi tanaman liar.

Sebelum melanjutkan hidup di Indonesia, Kartini sempat bekerja di Malaysia. Namun, ia saat itu mengalami kecelakaan yang membuat dirinya tak bisa melanjutkan kerja di Negeri Jiran tersebut.

10 tahun hidup di hutan membuat Kartini terbiasa dengan hal-hal gaib dan hewan liar. Semuanya ia lewati sendiri dengan berani.

Sebenarnya, anak-anak Kartini sudah berulang kali mengajaknya tinggal di kota, namun Kartini selalu menolaknya dan memilih tetap tinggal di hutan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X