Besok Sekolah di Zona Hijau Boleh Masuk, Ini Kata Mendikbud

- Minggu, 12 Juli 2020 | 20:24 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menegaskan pembukaan sekolah di zona hijau yang akan dimulai besok, Senin (13/7/2020) harus mengedepankan protokol kesehatan.

"Beberapa kabupaten/kota yang merupakan zona hijau menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional, dimungkinkan memulai pembelajaran tatap muka dengan persyaratan protokol kesehatan yang ketat," ujar Nadiem seperti dilansir Antara di Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Kemendikbud bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Agama (Kemenag) diketahui telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Baru dan Tahun Akademi Baru di Masa Pandemi COVID-19.

"Ini mengenai kenyamanan, mengenai kepercayaan kita kepada institusi sekolah yang bisa melakukan protokol kesehatan yang baik," kata Nadiem.

Proses pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap, yakni dimulai dari jenjang SMP dan SMA/SMK terlebih dahulu.

Kepala daerah menjadi pembuat kebijakan sekolah mana saja yang bisa dibuka dan menjalani tatap muka. Selain kepala daerah, kepala sekolah dan orangtua juga punya hak untuk menentukan kesiapan penyelenggaraan tatap muka dan berhak untuk menolak sekolah dan melanjutkan pembelajaran dari rumah.

"Jadinya, sekolah-sekolah kalau mau membuka kembali pembelajaran tatap muka harus benar-benar meyakinkan semua orangtua bahwa protokol kesehatan di sekolahnya itu sudah sangat mapan. Jadi, kita benar-benar harus memegang prinsip kebebasan memilih. Karena ini kan mengenai kesehatan masing-masing," papar Mendikbud.

Kemendikbud saat ini sedang melakukan monitoring untuk memeriksa kesiapan beberapa wilayah zona hijau yang akan menerapkan pembelajaran tatap muka kembali.

"Jadi harapan kami adalah pemda dan kepala dinas itu bisa benar-benar mendukung proses ini, dan tentunya Kemendikbud di sini siap mendukung dan salah satu caranya adalah tentunya sumber dayanya kita jadikan fleksibel," jelas Mendikbud.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X