The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tertangkap Melanggar Hukum, Malaysia Akan Tuntut Penangkap Ikan 'Ilegal' Asal Vietnam
Sejumlah nelayan asal Vietnam yang ditangkap pihak berwajib saat mereka mencuri ikan di Laut Natuna Utara pada Senin (30/12/2019). (Photo/ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)
News

Tertangkap Melanggar Hukum, Malaysia Akan Tuntut Penangkap Ikan 'Ilegal' Asal Vietnam

Rabu, 24 Juni 2020 20:55 WIB 24 Juni 2020, 20:55 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Malaysia akan memproses hukum sejumlah awak kapal Vietnam yang tertangkap melanggar hukum karena menangkap ikan di perairan Negeri Jiran. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Badan Keamanan Laut (MMEA) Malaysia Mohd Zubil Mat Som, Rabu (24/6/2020).

Otoritas Malaysia juga akan memutuskan untuk mengadili para penangkap ikan ilegal meskipun biasanya akan dikembalikan ke negara asalnya.

Mohd Zubil juga mengatakan bahwa Vietnam dan beberapa negara tetangganya telah berseteru memperebutkan wilayah tangkap ikan di Laut China Selatan, peraian yang kaya dengan sumber daya alam di Asia Tenggara.

Bahkan, Tiongkok sempat mengklaim bahwa sebagian besar wilayah tersebut adalah milik Tiongkok. Klaim sepihak itu membuat negara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan justru memberikan pendapat yang berbeda.

Jika biasanya, Malaysia akan menyerahkan kasus hukum penangkap ikan ilegal asal Vietnam ke negara asal mereka. Namun, kali ini Malaysia sendiri yang mengaku akan memberikan hukuman kepada penangkap ikan ilegal.

"Mereka lama jadi duri di perairan kami dan kami ingin mereka ke luar," kata Mohd Zubil.

Nantinya, tindakan yang diambil pemerintah Malaysia yaitu petugas keamanan laut Malaysia akan memberikan tembakan peringatan terhadap kapal-kapal Vietnam jika mereka melakukan manuver berbahaya untuk melarikan diri. Tembakan peringatan itu juga diberikan ke kapal-kapal ilegal yang gagal mengikuti instruksi MMEA.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US