Anggap Wajar Jokowi Ancam Reshuffle, PDIP: Ada Pihak yang Cenderung Cari Aman

- Senin, 29 Juni 2020 | 14:04 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA/Riza Harahap)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA/Riza Harahap)

PDI Perjuangan menilai wajar jikalau Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengancam melakukan perombakan atau reshuffle pada kabinetnya karena kinerja para menteri tidak ekstra dalam menangani masalah virus corona atau Covid-19.

"Sejak awal Presiden Jokowi sudah mengingatkan seriusnya Covid-19 pada seluruh kehidupan rakyat. Karena itulah setiap jajaran kabinet seharusnya memiliki sense of crisis, berani mengambil tanggung jawab melalui kebijakan terobosan untuk membantu rakyat. Bahkan dengan keluarnya Perppu menunjukkan adanya hal ikhwal kegentingan yang memaksa," ucap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Senin (29/6/2020).

Menurut Hasto, dalam hal kegentingan memaksa yang berdampak luas bagi kehidupan berbangsa dan bernegara secara otomatis fungsi koordinasi, kerjasama antar kementerian, dan inisiatif kebijakan seharusnya dikedepankan

"Ada beberapa pihak yang cenderung mencari aman, dan tidak mengambil prakarsa, sehingga wajar jika presiden sampai melakukan evaluasi terhadap kinerja para menteri," ungkapnya.

Mengenai perombakan atau reshuffle kabinet tersebut, Hasto mengatakan bahwa selain menjadi hak prerogatif presiden, juga sebagai instrumen yang dipakai untuk melakukan evaluasi atas kinerja menteri.

"Apa yang disampaikan oleh presiden, PDI Perjuangan berharap semakin memacu kinerja dan kekompakan seluruh jajaran kabinet, dan seluruh lembaga negara yang berkaitan dengan fungsi perekonomian negara untuk secepatnya mencari solusi komprehensif dan efektif di dalam mempercepat gerak pertumbuhan perekonomian nasional," papar Hasto.

"PDIP mendorong agar para menteri bekerja lebih keras di tengah masa pandemi Covid-19. Saat ini, para menteri harus kedepankan aksi bukan wacana. Kita menunggu aksi para menteri melalui berbagai program kerakyatan yang nyata dan berdampak luas bagi masyarakat," tutupnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X