The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Negara Pertama yang Dukung Indonesia Merdeka, Ada Vatikan Negara Katolik
Bendera Merah Putih siap dikibarkan (kiri) & Gereja Vatikan (kanan). (Foto: Instagram)
News

3 Negara Pertama yang Dukung Indonesia Merdeka, Ada Vatikan Negara Katolik

Sabtu, 15 Agustus 2020 15:35 WIB 15 Agustus 2020, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia menyatakan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Meski begitu, tidak semua negara di dunia menerima pengakuan tersebut. Faktanya ada yang menerima, tapi tidak sedikit yang menolak atau baru mengakui beberapa tahun kemudian.

Belanda, misalnya. Sebagai negara yang menjajah Indonesia selama ratusan tahun dan mengeruk kekayaan alam berupa rempah-rempah dan memboyongnya ke negeri asal mereka, baru mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949.

Negara lain yang juga telat mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Irak. Negara tetangga Iran itu baru mengakui bahwa Indonesia merdeka pada Juli 1947.

Negara-negara tetangga macam Malaysia dan Singapura pun tak lantas cepat mengakui kemerdekaan Indonesia.

Lantas, negara mana saja yang pertama kali mengakui bangsa Indonesia sebagai negara merdeka? Berikut 5 di antaranya.

1. Mesir
Negara paling awal yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia justru negara yang termasuk dalam daratan benua Afrika, yakni Mesir, tepatnya pada 22 Maret 1946.

Ist
The Great Sphinx of Giza di Mesir. (Instagram/Egypt culture)

Menurut sebuah sumber, dokumen pengakuan Mesir atas kedaulatan Indonesia disimpan oleh Abdurrahman Baswedan pada 1948.

Adapun hubungan diplomatik antara Mesir dan Indonesia pertama kali resmi dilakukan pada 10 Juni 1947 meski mendapat tentangan dari Belanda. Kemudian pada tahun 1949, Kantor Perwakilan Indonesia dibuka di Kairo.

2. Suriah
Negara berikutnya yang mengakui Kemerdekaan Indonesia adalah Suriah, tepatnya dua tahun setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan melalui Proklamasi 17 Agustus 1945.

Ist
Kharab Shams di Suriah. (Instagram/visit syria)

Pengakuan resmi Suriah atas kedaulatan Indonesia ditetapkan pada 2 Juli 1947. Hubungan diplomatik antara Suriah dan Indonesia dimulai sejak tahun 1950.

Kini, relasi antara kedua negara sering berkaitpaut dengan masalah negara-negara Timur Tengah yang berkonflik, seperti Palestina, Irak, dan Lebanon.

Kedutaan besar Indonesia di Suriah terletak di Damaskus, sedang Suriah memiliki kedutaan besar di Jakarta. Kedua negara merupakan anggota Gerakan Non-Blok dan Organisasi Kerja Sama Islam.

3. Vatikan
Jauh hari sebelum kelompok Islamis politis merebak, termasuk pada masa-masa penjajahan Belanda, Indonesia sejatinya merupakan negara yang sangat menghormati semua agama atau keyakinan.

Ist
Sejumlah jemaat gereja menaruh bunga di Gereja Vatican. (Instagram/Vaticannews)

Tak heran jika sejak dulu Indonesia sudah berkawan baik dengan Vatikan, negara yang dikenal sebagai pusatnya umat Katolik karena di sana Kepausan berada.

Hubungan Indonesia-Vatikan bahkan sudah berlangsung sejak Indonesia masih berupa Hindia Belanda. Tak mengherankan pula ketika Indonesia menyatakan kemerdekaannya, Vatican menjadi salah satu negara yang paling awal mendukung lewat pengakuannya.

Negara yang berada di pusat Kota Roma, Italia itu mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 6 Juli 1947. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Vatikan berdiri pada tahun yang sama.

Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US