Beredar Info 12 Februari 2021 Jakarta Lockdown, Mabes Polri Tegaskan Hoaks!

- Jumat, 5 Februari 2021 | 17:53 WIB
Foto aerial kondisi lalu lintas yang lengang di Jalan Sudirman, Jakarta, saat PSBB dilaksanakan. (INDOZONE).
Foto aerial kondisi lalu lintas yang lengang di Jalan Sudirman, Jakarta, saat PSBB dilaksanakan. (INDOZONE).

Sebuah pesan singkat tersebar yang berisi pada 12 Februari 2021 Jakarta akan melakukan lockdown. Mabes Polri menegaskan informasi tersebut merupakan informasi tidak benar alias hoaks.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono. Irjen Argo menyebut berdasarkan informasi kementerian terkait ke Polri bahwa dipastikan informasi lockdown itu merupakan hoaks.

"Tadi dapat informasi dari Kemenkes bahwa broadcast ini adalah tidak benar, broadcast ini adalah salah," kata Irjen Argo dalam jumpa pers di Youtube Kemenkes, Jumat (5/2/2021).

Argo mengatakan informasi hoaks ini akan sangat merugikan masyarakat. Bahkan, informasi hoaks itu bisa menimbulkan kegaduhan masyarakat yang terpancing emosi.

"Dengan adanya broadcast yang tidak benar itu akan berdampak negatif bagi siapa saja. Memang kontennya biasa saja tapi isinya bisa bersifat menghasut, membuat fitnah dan kemudian hoaks itu akan menyasar emosi masyarakat dan kemudian menimbulkan opini negatif yang mengakibatkan kegaduhan di masyarakat dan diintegrasi bangsa. Ini dampaknya dari hoaks, ini sangat dikhawatirkan," beber Argo.

Berikut isi pesan berantai hoax yang dibacakan oleh Irjen Argo:

'Perhatian sudah lihat atau nonton tv belum? Baru saja diumumkan oleh Jokowi bahwa mulai tanggal 12 Februari 2021 hari Humat jam 20.00 malam sampai 15 hari, Senin pagi jam 05.00 Jakarta lockdown total tidak boleh keluar rumah sama sekali, toko semua restoran tutup, semua harus diam di rumah harus sedia bahan makanan untuk makan, untuk masak di rumah dan jangan keluar rumah karena akan ditangkap langsung di swab, didenda besar sekali. Stay at home'


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X