Survei Capres Idaman Masyarakat, Index Politica: Prabowo Tertinggi Pertama, Anies Kedua

- Minggu, 7 Februari 2021 | 14:32 WIB
Kiri: Prabowo (Instagram/@prabowo), kanan: Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan).
Kiri: Prabowo (Instagram/@prabowo), kanan: Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan).

Lembaga Survei Index Politica memaparkan hasil surveinya terkait elektabilitas sejumlah calon yang dianggap layak menjadi calon presiden (Capres). Dimana menunjukkan nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto teratas dibandingkan beberapa tokoh lainnya.

Direktur Eksekutif Index Politica Denny Charter menyebutkan pihaknya memberikan dua pertanyaan terkait capres ini. Seperti dilakukan dengan top of mind dan yang kedua memberikan pilihan nama calon yang ada.

"Ini top of mind jika pemilihan presiden hari ini maka siapa yang anda pilih? Nah yang tertinggi ada Prabowo Subianto dengan 14,9 persen," kata Denny dalam rilis survei Persepsi Masyarakat Terhadap Isu Politik dan Ekonomi Nasional, Minggu (7/2/2021).

Urutan selanjutnya, kata dia, ada Anies Baswedan 7,1 persen; Sandiaga Uno persen; Ganjar Pranowo persen; Agus Harimurti Yudhoyono persen; Gatot Nurmantyo 1, 7persen; Ridwan Kamil persen; Tri Rismaharini 0,7 persen; Khofifah Indar Parawansa 0,7 persen; Airlangga Hartarto 0,5 persen; Mahfud Md 0,5 persen; Muhaimin Iskandar 0,3 persen dan Giring Ganesha 0,3 persen.

Baca Juga: Meski Minus, Kemenkeu Klaim Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Atas Rata-Rata Global

"Sementara lainnya 9,1 persen dan tidak tahu/jawab 46,2 persen," urainya.

Di sisi lain untuk survei yang dilakukan dengan memberikan nama pilihan calon Presiden jika dilakukan pemilihan presiden hari ini, lagi-lagi nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling banyak dipilih masyarakat.

"Nah kemudian kita beri opsi lain lagi pertanyaanya sudah kita kasih pilihan Capresnya. Tertinggi itu ada Prabowo Subianto dengan 18.2 persen dan diikuti Anies 9,2 persen," tutur dia.

Setelah Prabowo dan Anies, ada juga nama seperti Sandiaga Uno 8,1 persen; Agus Harimurti Yudhoyono 7,2 persen; Ganjar Pranowo 4,0 persen;  Gatot Nurmantyo 2,6 persen; Ridwan Kamil 2,5 persen; Tri Rismaharini 1,4 persen; Khofifah Indar Parawansa 1,1 persen; Airlangga Hartarto 1,1 persen; Mahfud Md 1,1 persen; Puan Maharani 1,0 persen; Muhaimin Iskandar 1,0 persen; Moeldoko 0,8 persen.

"Dan lainnya ada 8,0 persen, serta tidak tahu/jawab 32,7 persen," tandasnya.

Adapun survei tersebut dilakukan dari tanggal 18 Januari sampai dengan 28 Januari 2021. Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan asumsi metode simple random sampling.

Sementara untuk margin of error kurang lebih 1,6 persen pada tingkat kepercayaan 95,0 persen. Untuk survei ini dilakukan kepada 1610 responden berumur 17 tahun atau lebih yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dengan wawancara tatap muka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X