Survei Index Politica: Masyarakat Setuju Pilkada Dilakukan di Tahun 2024, Asalkan....

- Minggu, 7 Februari 2021 | 15:04 WIB
Ilustrasi pilkada. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas).
Ilustrasi pilkada. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas).

Index Politica Indonesia mengeluarkan hasil rilis survei terbaru terkait isu politik terkini di masyarakat. Salah satunya mengenai pelaksanaan Pilkada serentak Nasional di tahun 2024.

Direktur Eksekutif Index Politica Denny Charter menyatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh pihaknya sebanyak 40,7 persen masyarakat setuju Pilkada dilakukan serentak secara Nasional di tahun 2024.

"40,7 persen setuju Pilkada dilaksanakan secara serentak Nasional," kata Denny dalam pemaparan hasil survei secara virtual, Minggu (7/2/2021).

Namun demikian dikatakan Denny, untuk masyarakat yang tidak sepakat dengan Pilkada dilakukan serentak secara Nasional di tahun 2024.

"Ada 35,3 persen responden tidak setuju dengan dilakukan secara serentak nasional," jelasnya.

BACA JUGA: Survei Capres Idaman Masyarakat, Index Politica: Prabowo Tertinggi Pertama, Anies Kedua

Akan tetapi mereka tidak sepakat apabila Pilkada serentak tahun 2024 bila dibarengkan dengan perhelatan kontestasi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden.

"Hanya 14,1 persen setuju, dan 66,8 persen tidak setuju kalo Pilkada Serentak dibarengkan dengan Pilpres dan Pileg," tandasnya.

Sekadar informasi, survei tersebut dilakukan dari tanggal 18 Januari sampai dengan 28 Januari 2021. Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan asumsi metode simple random sampling.

Sementara untuk margin of error kurang lebih 1,6 persen pada tingkat kepercayaan 95,0 persen. Untuk survei ini dilakukan kepada 1610 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dengan wawancara tatap muka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X