Salat Jumat Kedua, Wagub DKI Nilai Jemaah Sudah Ikuti Protokol Kesehatan

- Jumat, 12 Juni 2020 | 15:54 WIB
Umat Islam menunaikan salat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Jumat (5/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Umat Islam menunaikan salat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Jumat (5/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Sejak diputuskan untuk menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta, sudah terhitung dua kali bahwa warga bisa menunaikan salat Jumat berjamaah di masjid.

Mengenai hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau kepada jamaah membawa plastik kresek untuk alas kaki masing-masing guna mengurangi potensi bersentuhan.

"Kita juga minta pakai kresek lah untuk sepatu, sandal, untuk mengurangi bersentuhan. Nah, untuk wudhu ini juga masih perlu sosialisasi teman-teman media," ucap Riza di Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020).

Selain itu, politisi Partai Gerindra ini juga mengimbau masyarakat yang ingin salat Jumat di masjid untuk melakukan wudhu terlebih dahulu di rumah masing-masing.

"Untuk wudhu sebaiknya di rumah masing-masing, untuk mengurangi bersentuhan kerumunan. Kita minta bawa kresek dan sajadah. Bawa sandal sepatunya di plastik bawa ke dalam," tambanya.

Adapun, Riza melihat bahwa selama dua kali masyarakat bisa menunaikan salat Jumat di masjid, baik jemaah maupun pengurus masjid sudah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona.

"Masjid, dari laporan dan pemantauan, kami sosialisasi setiap hari dan jamaah sudah memahami soal pembagian 50 persen, soal disinfektan, soal masker, tidak menggelar karpet, diatur dibersihkan, jaga jarak. Sudah lebih baik," tutup Riza.

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X