Coba Kalung Antivirus Corona Kementan, Komisi IX: Tidak Tahu Efektif atau Tidak

- Senin, 6 Juli 2020 | 09:32 WIB
Ilustrasi kalung dari eucalyptus pohon kayu putih. (freepik)
Ilustrasi kalung dari eucalyptus pohon kayu putih. (freepik)

Anggota Komisi IX Saleh Partaonan Daulay meminta Kementerian pertanian untuk melakukan penelitian lanjutan terkait dengan kalung antivirus Corona yang hendak diproduksi.

Pasalnya, menurut Saleh, kalung antivirus corona tersebut sampai sejauh ini disinyalir belum dapat dipastikan keampuhannya. Ia pun menyebut ada banyak peneliti dan lembaga penelitian yang masih meragukan temuan itu.

“Menurut saya, temuan itu masih perlu didalami lagi. Kementan harus melibatkan lembaga riset lain. Orang-orang belum yakin atas temuan itu. Jika banyak yang belum yakin, tentu belum tepat jika diproduksi massal," ucap Saleh dalam keterangannya, Senin (6/7/2020).

Kalung tersebut dikatakan terbuat dari bahan eucalyptus yang mampu membunuh virus corona. Namun, virus corona yang dimaksud bukan virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19. Karena itu, ia menyebut belum bisa diklaim sebagai antivirus corona.

Saleh mengaku sudah mencoba dua contoh produk itu yang berbentuk roll on dan balsem. Setelah mencoba, ia menggosokannya ke leher ataupun kulit, dan merasakan sedikit panas, serta berbau seperti minyak kayu putih.

"Setelah mencobanya, saya tidak tahu apakah itu efektif sebagai antivirus corona atau tidak. Yang saya tahu, banyak peneliti yang masih meragukan. Merekalah yang paling bisa memberikan justifikasi terhadap temuan-temuan seperti ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Saleh mengatakan bahwa jika benar Kementan berhasil menemukan antivirus corona, tentu ini adalah satu temuan besar. Sebab, banyak negara yang sampai hari ini masih berusaha mempelajari dan mencari vaksin, obat, ataupun antivirus corona ini.

"Kalau para peneliti telah mengakui, Indonesia bisa berkontribusi dalam pemutusan mata rantai penyebaran virus corona secara global," tutup Saleh.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X