Gubernur DKI Jakarta Soal 32 Kawasan Pesepeda Ganti CFD: Teruskan Itu..

- Rabu, 1 Juli 2020 | 19:24 WIB
Warga berolahraga saat hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Warga berolahraga saat hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meniadakan aktivitas Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang digelar sepanjang Sudirman-Thamrin Jakarta karena sejumlah alasan. Sebagai gantinya, 32 kawasan pesepeda pun untuk masyarakat berkegiatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Kita lakukan penyebaran di 32 lokasi dan namanya bukan CFD. Namanya kawasan pesepeda," kata Anies dalam konferensi pers di Gedung Balai Kota Jakarta, Rabu (1/7/2020).

-
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan kepada awak media di GOR UNJ, Jakarta Timur. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Anies menjelaskan, pihaknya mendorong masyarakat atau warga untuk bersepeda untuk alternatif pilihan olahraga yang selama ini dilakukan di CFD. Sehingga, protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 bisa dilaksanakan dengan baik, terutama jaga jarak. 

"Karena itu didorong orang gunakan sepeda supaya jarak aman tercapai. Masalah utama CFD begitu banyak orang berkerumun, jalan kaki dengan jarak deket. Maka kita dorong pakai sepeda," ujarnya.

"Karena sepeda pasti berjarak. Minggu depan akan diteruskan itu," tambahnya.

Menurut dia, saat ini animo atau antusias masyarakat untuk berolahraga semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19, setelah lebih kurang tiga bulan dibatasi aktivitas sosialnyaa dengan penerapan PSBB.

Gambaran ini bisa dilihat dari kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) beberapa hari terakhir. Sehingga pemerintah harus memberikan ruang publik untuk masyarakat luas untuk berolahraga dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

"Bahkan GBK antre. Sebagian rumahnya, kampungnya enggak ada ruang maka ruang dibutuhkan di hari libur," pungkasnya. 

Sekadar informasi, Pemprov DKI Jakarta telah sediakan 32 kawasan pesepeda sebagai pengganti arena CFD. Namun, kawasan ini hanya boleh digunakan oleh pesepeda dan tidak olah bagi pejalan kaki.

 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X