The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dukung Nelayan, KKP Berikan Alat Tangkap dan Kemudahan Modal Usaha
Ilustrasi nelayan dan perahunya. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)
News

Dukung Nelayan, KKP Berikan Alat Tangkap dan Kemudahan Modal Usaha

Tingkatkan produktivitas.

Jumat, 11 September 2020 09:45 WIB 11 September 2020, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mendukung para nelayan agar dapat meningkatkan produktivitas dengan memberikan teknologi tepat guna untuk mendukung usaha penangkapan mereka.

Direktur Perizinan dan Kenelayanan, Ridwan Mulyana mengatakan dalam upaya mendukung nelayan tangkap, KKP menggandeng Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK – IPB) menggelar Kegiatan Pengembangan dan Diversifikasi Usaha Nelayan di Panimbang, Pandeglang, Banten.

FPIK – IPB membuat inovasi alat tangkap yang sederhana, mudah dibuat, ramah lingkungan dan tentunya menghasilkan tangkapan lebih baik dari alat tangkap lainnya yang akan memberikan hasil yang lebih baik.

“Kegiatan dilaksanakan di Panimbang, Kabupaten Pandeglang Banten selama dua hari tanggal 9 hingga 10 September 2020 sebagai bentuk kehadiran pemerintah untuk meningkatkan produktivitas dan menggerakan perekonomian nelayan di masa pandemi,” kata Ridwan, Kamis (10/9/2020).

Kegiatan ini juga menggandeng PT. XL. AXIATA Tbk untuk memberikan pemanfaatan teknologi digital melalui aplikasi “Laut Nusantara” beserta perangkatnya. Aplikasi Laut Nusantara memudahkan nelayan menangkap ikan karena dilengkapi peta sebaran ikan, bahan bakar untuk efisiensi dan peta prakiraan cuaca laut agar nelayan aman melaut.

“Pengembangan Teknologi Tepat Guna ini dimanfaatkan dalam pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkelanjutan guna meningkatkan produktivitas usaha nelayan,” jelas Ridwan.

Dalam mendukung nelayan, KKP juga memberikan akses permodalan untuk pengembangan usaha agar kedepan lebih maju dan para nelayan bisa lebih mandiri.

“Kita juga berikan kemudahan akses permodalan kepada nelayan untuk mengembangkan usahanya. Kita hadirkan langsung BLU – LPMUKP, PT. Pegadaian dan PT. PNM di lokasi kegiatan untuk memfasilitasi nelayan mendapatkan permodalan," tuturnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US