Tiongkok Desak AS Hentikan Mentalitas 'Perang Dingin', Termasuk Tuduhan Tak Beralasan

- Rabu, 7 Oktober 2020 | 18:15 WIB
Bendera Tiongkok. (Photo/Reuters/Thomas Peter)
Bendera Tiongkok. (Photo/Reuters/Thomas Peter)

Tiongkok meminta Amerika Serikat (AS) harus menghentikan serangan dan tuduhan tak beralasan terhadap Tiongkok, seraya menuduh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dengan jahat menciptakan konfrontasi politik dan mencoreng Beijing.

"Pompeo telah berulang kali mengarang kebohongan tentang Tiongkok dan dengan jahat menciptakan konfrontasi politik," kata kedutaan besar Tiongkok di Jepang, dilansir dari Antara, Rabu (7/10/2020).

Di waktu yang sama, Pompeo mengunjungi Jepang dan menyerukan kerja sama yang lebih dalam dengan Australia, India, dan Jepang. Kunjungan itu dilakukan untuk melawan pengaruh regional Tiongkok yang berkembang.

"Kami sekali lagi mendesak AS untuk meninggalkan mentalitas Perang Dingin dan prasangka ideologis, menghentikan tuduhan dan serangan yang tidak beralasan terhadap Tiongkok, dan memperlakukan hubungan dengan Tiongkok secara konstruktif," kata kedutaan Tiongkok.

Herannya, kunjungan Pompeo di Asia Timur menjadi yang pertama dalam lebih dari setahun, dan bertepatan dengan ketegangan yang memburuk dengan Tiongkok. Kini, AS dan Tiongkok yang menjadi dua top ekonomi dunia tengah berselisih terkait masalah penanganan COVID-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X