Kata Ganjar Pranowo Soal Ajakan Jokowi Benci Produk Luar Negeri

- Jumat, 5 Maret 2021 | 15:30 WIB
Ganjar Pranowo. (Instagram/@ganjar_pranowo)
Ganjar Pranowo. (Instagram/@ganjar_pranowo)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut berkomentar terkait pernyataan Jokowi yang mengajak untuk membenci produk luar negeri. Menurut Ganjar, pernyataan tersebut merupakan bentuk keberpihakan Jokowi pada produk-produk dalam negeri.

"Mungkin kalimat membenci itu dalam arti untuk menegaskan keberpihakan kita karena faktanya tidak semua bisa kita produksi sendiri, namun saya mencermatinya atas narasi yang disampaikan oleh Pak Presiden kalau saya menerjemahkan, ayo pakai produksi dalam negeri secara serius dan memang mesti ada insentif yang diberikan," kata Ganjar, Jumat (5/3/2021).

Ganjar mengatakan bahwa interpretasinya juga sudah diterapkan oleh dirinya di Jawa Tengah, tidak hanya pendampingan dan memberikan insentif, namun juga dengan membeli produk-produknya dan mempermudah proses jika UMKM harus masuk dalam e-katalog.

"Umpama dia harus masuk ke e-katalog, ya itu dipermudah, maka kita punya aplikasi nanti yang kita siapkan namanya 'Blangkon Jateng' itu nanti kita pakai untuk memudahkan penunjukkan langsung (barang) yang di bawah Rp200 juta, tapi transparan dan ini kita pakai untuk membeli produk dalam negeri dan sebenarnya kita hanya butuh praktik saja, kalau Pak Presiden bilang gitu mau gak ikut kita?" ujarnya.

Ganjar kemudian mengungkapkan contoh lain yang telah diterapkannya di Provinsi Jateng untuk mendukung produk dalam negeri, yaitu menerapkan kebijakan mengenakan baju adat sebagai seragam setiap hari Kamis.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X