Jadi Alternatif, Dishub DKI Ingin Jalur Sepeda Terintegrasi Transportasi Umum

- Jumat, 7 Agustus 2020 | 14:40 WIB
Warga mengenakan masker dan face shield saat bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Warga mengenakan masker dan face shield saat bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Maraknya pesepeda yang ramai di Jakarta akhir-akhir ini membuat Pemprov DKI mulai fokus pada penyediaan sarana dan prasarana yang layak untuk para pengguna sepeda. Mereka akan membangun sarana dan prasarana melalui rancangan pembangunan jangka menengah yang melingkupi jalur sepeda.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan dengan sarana dan prasarana pendukung para pesepeda akan lebih aman dalam menggunakan sepeda sebagai alat transportasi jarak dekat.

"Jadi pemerintah provinsi DKI Jakarta fokus pada peningkatan penyiapan dan penyediaan sarana prasarana bagi para pesepeda karena sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah Jakarta," kata Syafrin di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

-
Jalur pesepeda di bundaran HI (INDOZONE)

 

Saat ini, pesepeda lanjutnya, menjadi prioritas dengan adanya perubahan paradigma dari car development oriented kepada transit oriented development, yang memungkinkan para pengguna sepeda mendapatkan akses lebih baik.

"Sarana dan prasarana pesepeda, menjadi prioritas sejalan dengan adanya perubahan paradigma penanganan dari car development oriented kepada transit oriented development, karena bisa menjadi transportasi alternatif untuk jarak pendek," tuturnya.

Baginya saat ini, sepeda fungsinya akan ada dua yakni sepeda sebagai alat transportasi saat warga yang akan mulai perjalanannya dari rumah ke tempat tentu dengan jarak yang dapat diukur dan sepeda akan menjadi alat transportasi pada pergerakan first dan last mildnya sistem angkutan umum massal.

"Karena ini penting, maka kenapa kita ingin menjadikannya satu kesatuan dari pengembangan transportasi yang terintegrasi yang akan dilaksanakan di Jakarta," tukasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X