Pasien Corona Bertambah, Pemprov DKI Jakarta: Rumah Sakit Masih Mampu Tampung

- Rabu, 12 Agustus 2020 | 18:07 WIB
Mobil Ambulans yang membawa penjaga rumah pasien corona tiba di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. (INDOZONE/Arya Manggala)
Mobil Ambulans yang membawa penjaga rumah pasien corona tiba di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. (INDOZONE/Arya Manggala)

Banyaknya informasi soal rumah sakit rujukan Covid-19 yang penuh atau overload karena penambahan pasien Covid-19 yang cukup tinggi beberapa hari terakhir, mendapat tanggapan dari pihak Pemprov DKI Jakarta.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tidak ada overload rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 karena kapasitasnya masih cukup, meskipun ada peningkatan kasus yang cukup banyak.

"Tidak overload. Kapasitas kami lebih dari cukup. Memang ada peningkatan dari 45% menjadi 55%. Tapi masih mencukupi. Jadi tidak ada pasien yang terbengkalai karena kekurangan tempat," kata Ariza di Jakarta, Rabu (12/8/2020)

Ia mengakui bahwa penambahan kasus pasien positif yang tinggi membuat tingkat ketersediaan kapasitas rumah sakit telah melebihi 50%. Namun sampai saat ini, rumah sakit yang ada di Jakarta masih cukup menampung pasien.

"Ia kurang lebih sudah ada di atas 50% terisi di rumah sakit. Tapi kan ada peningkatan, namun masih tersedia," tuturnya.

Peningkatan kasus di Jakarta yang terus terjadi juga disebabkan karena adanya tes massif yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta agar mengetahui tingkat penyebaran dan pasien terkonfirmasi corona sehingga bisa dilakukan isolasi dan tindakan lanjutan untuk tidak menularkannya ke orang lain.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X