Penampakan Kelompok Teroris Pakai Kalung Peluru Tajam di Leher, Ini Nama Kelompoknya

- Senin, 29 Maret 2021 | 21:06 WIB
Pria terduga teroris pakai kalung peluru di leher. (ist)
Pria terduga teroris pakai kalung peluru di leher. (ist)

Berbagai hal terkait teroris dan terorisme mencuat usai ledakan bom bunuh diri di halaman Gereja Katedral Makassar yang terjadi pada hari Minggu (28/3/2021).

Salah satunya adalah sebuah foto yang menampakkan sejumlah pria yang diduga berasal dari kelompok teroris.

Yang menjadi sorotan, pria-pria di dalam foto itu memakai peluru sebagai kalung mereka.

Salah seorang di antara mereka, memakai penutup kepala berwarna kuning keemasan, bahkan mengenakan kalung peluru persis di lehernya. Ia terlihat menatap ke arah kamera.

Berdasarkan penelusuran Indozone.id melalui Google Search Images, foto tersebut diketahui merupakan foto Pejuang Kemerdekaan Islam Bangsamoro, atau yang dalam bahasa Inggris disebut 'Bangsamoro Islamic Freedom Fighters' (BIFF).

BIFF merupakan sebuah organisasi militan Islamis yang berbasis di Mindanao, Filipina. Adapun foto tersebut dijepret oleh fotografer Getty, Jeoffrey Maitem.

Sejauh ini, belum diketahui apakah kelompok BIFF tersebut bekerjasama dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD), yang menaungi dua pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, yakni Muh Lukman HS (26 tahun) dan istrinya, Yogi Sahfitri Fortuna alias Dewi.

-
Lukman dan istrinya, Dewi, pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. (ist)

Sementara itu, jasad kedua pelaku bom bunuh diri itu akan dikuburkan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Sebelum melakukan aksinya, Lukman sempat meninggalkan surat wasiat kepada ibunya yang isinya menyatakan kesiapannya untuk mati syahid.

"Yang perlu kita informasikan bahwa saudara L ini sempat meninggalkan surat wasiat kepada orangtuanya," kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Polda Sulawesi Selatan, Senin (29/3/2021).

"Isinya mengatakan bahwa yang bersangkutan berpamitan dan siap untuk mati syahid," beber Sigit.

Masih menurut Sigit, Lukman dan Dewi menikah sekitar 6 bulan lalu. Mereka dinikahkan oleh seorang teroris JAD bernama Risaldi yang telah ditangkap pada Januari 2021 lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X