Bendung Virus Flu Burung, Vietnam Musnahkan Puluhan Ribu Unggas

- Selasa, 11 Februari 2020 | 18:29 WIB
Ilustrasi staf medis yang memeriksa seekor burung. (Photo/Ilustrasi/Reuters)
Ilustrasi staf medis yang memeriksa seekor burung. (Photo/Ilustrasi/Reuters)

Dilansir melalui Reuters, Vietnam tahun ini telah memusnahkan puluhan ribu unggas untuk membendung wabah flu burung sangat patogenik H5N6. Menurut seorang pejabat Kementerian Pertanian, pemusnahan itu dilakukan di sejumlah peternakan di kawasan utara, Senin (10/2/2020).

Pihak berwajib yang tak ingin disebutkan identitasnya, mengatakan bahwa telah memusnahkan ayam dan bebek, di peternakan di provinsi Nghe An, Thanh Hoa dan Quang Ninh.

Dikutip dari surat kabar Thanh Hoa, sejauh ini Vietnam telah memusnahkan 23.000 burung di 10 peternakan usai negara itu terdeteksi positif virus flu burung.

"Kami khawatir virus ini dapat menyebar lebih banyak, dan kami berupaya sebaik mungkin untuk menghentikan wabah tersebut," kata pejabat.

Selain itu, pihak berwenang juga memastikan telah mensterilkan peternakan dan melarang pengiriman unggas dari zona terdampak. Virus H5N6 juga terdeteksi pada unggas di sebuah peternakan di luar Hanoi, memicu pemusnahan lebih dari 2.300 burung di lokasi tersebut.

Berdasarkan apa yang disampaikan pejabat tersebut, wabah flu burung berskala kecil belum biasa terjadi di negara itu selama lima tahun terakhir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X