Orang Terkaya Afrika Borong 10 Ribu Mobil Desa Buatan Indonesia

- Senin, 6 Januari 2020 | 20:52 WIB
Dabonke/ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Dabonke/ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Indonesia akan mengekspor Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) secara bertahap ke Nigeria. Ada 10 ribu unit AMMDes atau mobil pedesaan yang akan dikirimkan.

AMMDes sendiri merupakan kendaran yang diperuntukkan untuk pelosok pedesaan. AMMDes adalah kendaraan multifungsi yang bisa menjadi alat transportasi, alat produksi, hingga menjadi alat bantu kerja yang lain, contohnya menjadi ambulans pengumpan.

10 ribu mobil ini dipesan oleh perusahaan Dangote Group. Pemiliknya adalah Alhaji Aliko Dangote, orang terkaya di Afrika. Kendaraan ini akan dikirimkan secara bertahap selama 5 tahun hingga mencapai 10 ribu unit.

-
Pengunjung mengamati mobil alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDES) di bengkel Kiat Motor Klaten, Jawa Tengah, Kamis (25/10/2018)/ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Namun, nilai proyek masih dalam tahap negosiasi. Di tahap awal, ada 3 unit AMMDes yang akan dikirimkan ke Nigeria bulan ini, yaitu penjernih air, pengupas padi, dan pengolahan singkong.

"Dangote (Alhaji Aliko Dangote) orang terkaya Afrika yang sangat berminat impor AMMDes ke Nigeria," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang dalam konferensi pers, Senin (6/1/2020).

Dangote tertarik memborong kendaraan ini karena ketangguhannya di jalur ekstrem. Menteri Agus Gumiwang menegaskan bahwa nyaris 100% komponen AMMDes merupakan produk lokal.

Dilansir dari Forbes, Dangote memiliki harta kekayaan mencapai USD14,8 miliar atau setara Rp 207,2 triliun.. Dia merupakan orang terkaya di Afrika dan berada di posisi ke-96 orang terkaya di seluruh dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X