Ternyata, Ada Tiga Daerah di Indonesia Penghasil Mata Biru

- Senin, 13 Mei 2019 | 17:18 WIB
Ist
Ist

Kebanyakan orang Indonesia memiliki bola mata berwarna hitam dan tak jarang juga yang cokelat. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia yang akhirnya memilih untuk memakai lensa kontak dengan berbagai warna untuk mempercantik penampilan.

Namun, sebenarnya ada loh penduduk Indonesia asli yang memiliki bola mata berwarna biru layaknya ras kaukasia. Dan ternyata enggak cuma satu daerah, namun ada tiga daerah di Indonesia yang penduduknya berwarna biru. Berikut daftarnya.

1. Lamno, Aceh
Di Aceh Jaya, ada sebuah sebuah desa yang memiliki penduduk dengan mata yang berwarna biru. Desa itu bernama Lamno. Penduduk desa Lamno memiliki ciri fisik yang mirip dengan Eropa. Mereka adalah keturunan bangsa Portugis yang melakukan kawin silang dengan warga setempat.

Namun, karena bencana Tsunami 2004 melanda Aceh yang merenggutnya ratusan ribu nyawa, alhasil membuat warga keturunan Portugis nyaris punah.

2. Pulau Simpou
Keberadaan penduduk mata biru ini pertama kali ditemukan oleh peneliti La Ode Yusrie di pulau Simpou, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Rupanya, dahulu pulau Simpou merupakan salah satu tempat singgah pelaut Portugis. Saat ini, diketahui hanya tersisa 10 orang yang memiliki mata biru di sana.

3. Lingon
Suku Lingon ini berada di pedalaman Halmahera, Maluku. Banyak yang mengatakan bahwa masih ada warga dari suku ini yang bermata biru dan berkulit putih layaknya bangsa Eropa.

Namun, keberadaan mereka masih menjadi misteri karena suku Lingon tinggal di pedalaman Halmahera.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X