MPR Gelar Rapat Gabungan Tentukan Ketua

- Kamis, 3 Oktober 2019 | 11:13 WIB
Rapat Gabungan Fraksi MPR
Rapat Gabungan Fraksi MPR

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tengah menggelar rapat gabungan fraksi dengan Perwakikan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk menentukan Ketua MPR.

Rapat gabungan dimulai pukul 10.40 WIB dan digelar secara tertutup. Semua perwakilan fraksi dan DPD telah hadir, rapat dipimpin oleh Ketua dan Wakil Sementara yaitu Abdul Wahab dan Hillary Brigita Lasut.

Mencuat nama Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari Fraksi Partai Golkar dan Ahmad Muzani yang masuk dalam bursa ketua. Keduanya pun tengah memghimpun dukungan dan lobi ke fraksi lainnya.

Beberapa fraksi telah menyatakan sikap terkait bursa calaon ketua MPR. Golkar, PDIP, PAN, PPP, PKB dan Nasdem sepakat untuk mengusung Bamsoet. Gerindra mendorong Muzani. Sedangkan Demokrat, PKS, dan DPD belum menentukan sikap.

Hasil rapat gabungan ini akan dibawa ke rapat paripurna MPR yang akan digelar nanti malam pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, dan DPD yang baru direvisi, Pimpinan MPR bejumlah 10 orang, terdiri dari perwakilan 9 fraksi dan satu unsur DPD.  

Aturan itu, membuat setiap fraksi partai politik akan mendapat jatah kursi pimpinan. Setiap fraksi menyerahkan nama anggotanya yang akan diusulkan menjadi Pimpinan MPR dan akan dipilih satu orang menjadi Ketua MPR (MA).

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X