Kumuh dan Jorok, Rumah Hunian Ini Tak Pernah Dibersihkan Penyewa

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 15:21 WIB
photo/Facebook/Hang Dhamin
photo/Facebook/Hang Dhamin

Sekalipun cuma mengontrak, seharusnya penghuni rumah tetap bertanggung jawab atas kebersihan rumah yang ditempatinya. Namun nampaknya, tidak semua orang memahami akan hal itu. Bahkan, masih banyak penghuni rumah sewa yang acuh tak acuh soal kebersihan.

Seperti belum lama ini, seorang pengguna akun Facebook bernama Hang Dhanim membagikan cerita kalau rumah sewa milik temannya menjadi sangat kumuh dan dipenuhi sampah busuk.

-
photo/Facebook/Hang Dhamin

Hal itu baru diketahui si pemilik rumah ketika dia mulai curiga karena penyewa rumah yang berlokasi di Bukit Gedong Flat, Pulau Pinang, Malaysia itu menunggak membayar uang sewa bulanan. Rupanya, rumah itu sudah ditinggalkan si penyewa sejak lama, tanpa memberikan kunci kepada pemilik.

Si pemilik kemudian mengecek rumah tersebut. Dan terkejutnya ia setelah melihat kondisi rumah kontrakan tersebut seperti penampungan sampah. Begitu banyak sampah menggunung di setiap ruangan, bahkan aroma busuk menyeruak hingga ke luar rumah.

-
photo/Facebook/Hang Dhamin

Dalam unggahan Hang Dhanim pada 30 September 2019 lalu, terlihat bangunan rumah itu sangat kumuh dan memprihatinkan. Bisa dibilang, tak ada lagi sudut ruangan yang bersih, semuanya sudah penuh sampah.

"Sebelum ini, ketika melihat gambar viral dari rumah kotor dan hancur di tangan penyewa, aku berpikir bahwa itu merupakan hal yang tidak masuk akal karena bisa sampai seburuk itu. Namun, kini melihatnya langsung dengan mata kepalaku sendiri," tulis Dharmin dalam unggahan itu.

Dengan susah payah, Hang Dhamin ikut membantu temannya itu untuk membersihkan seluruh sampah busuk yang bertumpuk di dalam rumah tersebut.

-
photo/Facebook/Hang Dhamin

Mereka bahkan menghabiskan biaya jutaan rupiah, mulai dari menyewa jasa pembersih rumah, membeli alat kebutuhan bersih-bersih, hingga mengganti perabot yang sudah rusak parah.

Hang Dhanim juga membagikan foto-foto yang memperlihatkan rumah kontrakan sebelum dan sesudah dibersihkan. Unggahan itu menuai beragam respons dari warganet. Mereka juga tak habis pikir mengapa si penyewa rumah tega membiarkan rumah itu tanpa pernah dibersihkan sekian lama.

-
photo/Facebook/Hang Dhamin

"Orang macam ini pantasnya tinggal di dekat tempat sampah saja," tulisan seorang netizen.

"Mau tinggal. Mau makan. Tapi kebersihan tidak dijaga," komentar netizen lain.

"OMG gimana dia bisa tinggal di situ? Atau dia sengaja berbuat semacam itu. Aduh aku nggak habis pikir," sambung netizen lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X