Serunya Panglima TNI dan Kapolri Menari Bersama Prajurit Tarian Maluku

- Jumat, 17 Januari 2020 | 10:05 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis menari bersama prajurit di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-2020). (ANTARA/Fathur Rochman)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis menari bersama prajurit di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-2020). (ANTARA/Fathur Rochman)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, didampingi Kapold Maluku Irjen Pol Royke Lumowa dan Komandan Lantamal Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, berbaur dengan ribuan prajurit gabungan TNI/Polri, menari bersama 2.900 prajurit mengikuti gerakan dua tarian populer Maluku "Kakak Endah" dan "Bermain Tali" untuk menunjukkan adanya sinergitas yang kuat antara dua institusi tersebut.

Diketahui Panglima TNI bersama Kapolri dan rombongan tengah melakukan kunjungan kerja bersama di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Maluku. Kemarin, Panglima TNI bersama Kapolri dan rombongan berkunjung ke Maluku Utara.

"Mari Bapak Panglima dan Bapak Kapolri kita bergoyang untuk menunjukkan kekerabatan dan pergaulan prajurit TNI dan Polri di Maluku," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa dalam kegiatan tersebut.

Selama hampir 10 menit, Panglima Hadi dan Kapolri larut dalam kegembiraan bersama ribuan prajurit sambil bergoyang mengikuti irama lagu yang mengiringi di bawah terik matahari pagi. Tak jarang keduanya turut berteriak mengikuti yel-yel gerakan yang dipandu oleh Irjen Pol. Royke dengan pengeras suara.

Usai menari bersama, Panglima Hadi dan Kapolri Idham menyalami sejumlah prajurit dari dua institusi dan menyampaikan apresiasi atas sinergitas yang telah terjalin.

Sebagai dua institusi dengan kekuatan yang besar, kata Hadi, sinergitas antara TNI dan Polri sangat penting guna menjaga stabilitas keamanan nasional.

"Karena kekuatan vertikal dari TNI 480.000 orang, Polri 460.000 orang dan bersenjata. Apabila dua institusi ini jadi satu, yang didapat adalah stabilitas keamanan di Indonesia pasti tercapai. dan pembangunan di Indonesia akan berjalan baik," ujar Hadi.

Hadi pun berharap sinergitas yang telah terjalin baik antara TNI dan Polri di Maluku bisa terus terjaga dengan baik. Terlebih, pada tahun ini, akan terdapat dua kegiatan besar yang akan dihadapi, yakni pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak serta gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

"Tugas kami adalah mengamankan suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak dan PON 2020. Dua event besar itu apabila kita melihat suksesnya pelaksanaan tugas-tugas pada tahun 2018 dan 2019 saya yakin kita bisa melaksanakan dengan baik," ucap Hadi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kapolri Idham Azis mengaku terharu atas sinergitas dan soliditas kuat yang terjalin antara prajurit TNI dan Polri di Maluku.

"Saya ingin memberi apresiasi terhadap sinergitas yang teman-teman telah tunjukkan kemarin sejak di bandara, Bapak Panglima menaruh kagum yang sangat luar biasa betapa kalian semua hadir menunjukkan sinergitas itu di pinggir jalan menyambut Bapak Panglima," timpal Idham.

 "Saya menaruh respek dan hormat yang tinggi atas sinergitas yang telah dibangun oleh jajaran TNI dan Polri di Ambon ini. Teruskanlah karena kita adalah bagian dari NKRI ini yang harus menjaga terus agar NKRI ini tetap tegak berdiri sampai dunia ini kiamat." lanjut Idham.

Sama seperti arahan Panglima Hadi, Kapolri Idham juga berpesan agar sinergitas dan soliditas ini tetap terus terjaga untuk menyukseskan berbagai agenda besar yang akan digelar, seperti pilkada serentak.

"Pesan saya selaku pimpinan Polri terhadap seluruh rekan-rekan sekalian, pegang teguh netralitas, kamu tidak ke kiri, tidak ke kanan, tetapi kamu ikuti saja tugas yang sudah diberi oleh pimpinanmu, komandanmu, insyaallah semuanya pelaksanaan pilkada nanti di Ambon ini akan aman dan terkendali," pungkas Idham mengutip Antara, Jumat (17/1/2020)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X