TNI Sebut Kapal Tiongkok Sudah Keluar 400 Mil dari ZEE
KRI Tjiptadi-381 mengikuti sailing pass di Laut Natuna, Rabu (15/1/2020). (photo/ANTARA/M Risyal Hidayat)
News

TNI Sebut Kapal Tiongkok Sudah Keluar 400 Mil dari ZEE

Rabu, 15 Januari 2020 21:30 WIB 15 Januari 2020, 21:30 WIB

INDOZONE.ID - Sebelumnya pihak Bakamla dan TNI juga sempat memerintahkan coast guard untuk keluar dan menggiring kapal nelayan Tiongkok keluar dari ZEE Indonesia. Akan tetapi perintah itu ditolak.

Namun, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I TNI Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan kapal nelayan dan coast guard Tiongkok sudah keluar dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia dan menjauh 400 mil di luar ZEE Indonesia.

natuna
Laksamana Madya TNI Yudo Margono menjawab pertanyaan wartawan tentang kondisi Laut Natuna di Lanud Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (12/1/2020). (photo/ANTARA/M Risyal Hidayat)

"Sudah (tidak ada kapal China di ZEE). Sudah 400 mil di luar garis batas ZEE," ujar Yudo di Kabupaten Natuna, Kepulauan Natuna, Rabu (15/1).

Yudo enggan menyampaikan secara rinci sejak kapan kapal-kapal Tiongkok keluar dari ZEE. Ia menegaskan bahwa kapal Tiongkok tidak lagi terpantau di dalam radar Automatic Identification System (AIS).

"Kalau dari sini ke ZEE kan 200 mil. Ini kan sudah 400 mil, berarti sudah di daerah China (Tiongkok) sana," ujarnya.

Tak hanya itu, Yudo juga sampaikan kalau TNI dan seluruh unsur keamanan laut akan tetap melakukan patroli. Terkhusus TNI, dia mengklaim tidak ada batas operasi di perairan Natuna.

"Patroli tetap, tidak terbatas. Operasi sepanjang tahun," ujar Yudo.

Sebelumnya, sejumlah kapal coast guard dan puluhan kapal nelayan Tiongkok mengklaim keberadaan di Natuna Utara bukan merupakan pelanggaran.

Hal ini pun membuat Indonesia mengirim protes keras dan meminta Tiongkok untuk mematuhi UNCLOS 1982 yang menyatakan Natuna Utara adalah kawasan ZEE Indonesia. Tidak boleh ada negara asing yang mengekspolitasi kekayaan alam di zona tersebut.

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU