Pejuang Literasi FGL Di Kawasan Pekojan, Jakarta Barat

- Sabtu, 9 November 2019 | 11:45 WIB
Pendiri Fun Garden of Literacy (FGL) Palupi Mutiasih (ANTARA/Prisca Triferna)
Pendiri Fun Garden of Literacy (FGL) Palupi Mutiasih (ANTARA/Prisca Triferna)

Kelahiran kelompok non-profit ini cukup unik, berawal dari konsep karya tulis yang Palupi lombakan ketika menjadi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Jakarta pada 2016.

Berawal dari konsep perlombaan dan berhasil menjadi pemenang perlombaan di tingkat fakultas dan universitas, dia merasa tidak puas jika hanya membiarkannya menjadi rencana semata dan bermanfaat untuk dirinya sendiri.

Palupi kemudian menggagas Fun Garden of Literacy (FGL) bersama dua sahabatnya, menjadikannya sebagai komunitas yang dia mulai di tempat tinggalnya di Pekojan. Alasannya sederhana, karena di kawasan padat peduduk itu dia melihat belum ada dukungan edukasi yang penting untuk anak-anak.

Kini, ruangan yang ia buat untuk kegiatan literasi anak-anak itu dipenuhi buku-buku dengan tenda-tenda miniatur berdiri beralaskan karpet warna-warni. Ruangan tersebut adalah pojok membaca di Kelurahan Pekojan, Jakarta Barat, yang digunakan oleh kelompok FGL.

"Ini tadinya kita tidak tahu kalau di kantor kelurahan ada pojok membaca, mereka yang datang ke kami bilang kalau ada tempat seperti ini. Sebelumnya warga sekitar bahkan tidak tahu ada yang seperti ini," ujar Palupi Mutiasih, pendiri kelompok Fun Garden of Literacy (FGL) yang mengkhususkan diri untuk membantu meningkatkan literasi untuk anak-anak.

Palupi melihat anak-anak yang berada di sekitar daerah tersebut masih memiliki minat membaca yang rendah dan lebih sering menghabiskan waktu dengan perangkat elektronik yang terkadang tidak mendidik.

"Kebanyakan anak-anak masih main gadget dan juga ada pengaruh dari orang-orang, pengaruh positifnya masih sedikit di wilayah Pekojan ini, makanya saya coba di sini," kata Palupi, yang lahir dan besar di daerah tersebut.

Dia memulai FGL dari gang-gang sempit yang berada di daerah tersebut. Awal mulanya banyak yang menganggap dia aneh karena Palupi dan teman-temannya mendatangi rumah satu per satu untuk mengajak anak-anak membaca dan menceritakan dongeng, yang lebih mengherankan bagi orang di sekitar kawasan itu adalah mereka melakukan tanpa mengharapkan imbalan satu rupiah pun.

Tidak menyerah, dia mengajak pemuda sekitar dan berusaha merekrut relawan untuk terus melakukan kegiatan peningkatan literasi tersebut.

Usahanya berbuah manis, mulai banyak orang tua yang bertanya kepadanya tentang aktivitas yang dilakukan FGL karena beberapa anak menceritakan pengalaman mereka ketika pulang dari kegiatan membaca buku, mendongeng, aktivitas permainan edukatif serta panggung boneka.

Salah satu permainan positif yang dibuat oleh Palupi dan teman-temannya adalah game tradisional engklek antikorupsi yang merupakan hasil kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah diuji coba di beberapa sekolah, seperti SD Laboratorium PGSD UNJ dan SD Menteng Atas 2. Permainan itu bahkan sudah didaftarkan FGL sebagai hak kekayaan intelektual (HKL).

Dimulai dari tiga orang pada 2016, saat ini FGL sudah memiliki 25 orang relawan yang akan mengurus berbagai kegiatan yang biasanya diikuti oleh rata-rata 100 anak. 

Anak-anak yang mengikuti kegiatan FGL sendiri awalnya kebingungan karena kebanyakan menganggap kegiatan membaca itu membosankan, tapi FGL memilihkan buku-buku yang sesuai dengan umur 5-12 tahun yang banyak menampilkan gambar warna-warni, meski tetap informatif.

Kegiatan FGL sendiri semakin berkembang, sejak tahun ini mereka sudah beberapa kali mengadakan kegiatan workshop literasi dan aktivitas mendongeng kepada guru-guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan orang tua yang berada di sekitar Kelurahan Pekojan.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X