DPR Cemas Pengangguran Semakin Meningkat

- Kamis, 14 November 2019 | 16:53 WIB
Sejumlah pencari kerja mencari informasi di stan-stan perusahaan dalam Indonesia Career Expo Jakarta di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (16/10/2019). ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama).
Sejumlah pencari kerja mencari informasi di stan-stan perusahaan dalam Indonesia Career Expo Jakarta di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (16/10/2019). ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) catatkan, jumlah pengangguran meningkat menjadi 7,05 juta pada Agustus 2019 dari Februari 2019 yang di angka 6,8 juta. Dari sisi persentase, tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Agustus mencapai 5,28 persen, naik dari 5,01 persen pada Februari 2019. 

Anggota Komisi XI DPR Ecky Awal Mucharam menegaskan, dari data BPS jumlah angkatan kerja yang bekerja pada Agustus 2019 hanya 126,51 juta atau turun dari 129,36 juta pada Februari 2019. Artinya, kata ia, ada 2,85 juta tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan selama 6 bulan terakhir. 

Ia mengatakan, jika memerhatikan berbagai indikator, dapat dikatakan sektor ketenagakerjaan tertekan cukup nyata. Kondisi ini, akibat kegagalan mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi, sehingga stimulus terhadap ekspansi bisnis juga gagal. 

"Realisasi investasi juga menurun, karena iklim berusaha yang tidak kunjung membaik. Beberapa rilis lembaga dunia tentang daya saing ekonomi, tidak menempatkan Indonesia sebagai negara yang menarik untuk tujuan investasi," ujarnya dalam keteranganya, Kamis (14/11).

Selain itu, situasi ketenagakerjaan bakal semakin rumit karena daya saing sumber daya manusia belum cukup prima seiring dengan penetrasi teknologi dan revolusi industri 4.0, yang memaksa tenaga kerja untuk mampu menyesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis, di tengah-tengah pendidikan yang masih rendah dan kondisi lingkungan ekonomi belum kondusif. 

Ia mengkritik, ekonomi Indonesia yang terus bergantung pada kekuatan konsumsi rumah tangga, sehingga aktvitas produktif cenderung terbatas. 

“Saya khawatir bahwa kondisi ketenagakerjaan ini terus memburuk,"ujarnya.
 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X