Hari Pahlawan, Pengendara Berhenti Buat Mengheningkan Cipta
Pelajar melakukan ziarah dan tabur bunga saat peringatan hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/2019). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp).
News

Hari Pahlawan, Pengendara Berhenti Buat Mengheningkan Cipta

Mari isi kemerdekaan ini dengan karya dan kontribusi.

alwan
Minggu, 10 November 2019 11:08 WIB 10 November 2019, 11:08 WIB

INDOZONE.ID - Peringati Hari Pahlawan, laju kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan di Jakarta Timur, diminta berhenti untuk mengheningkan cipta, mengenang jasa para pahlawan. Petugas maupun pengendara menundukkan kepala mereka sesaat, untuk mengenang jasa para pahlawan.

Petugas gabungan bersama seluruh pengendara bermotor dan masyarakat sekitar mengheningkan cipta selama 60 detik, tepat pukul 08.23 WIB. Kegiatan ini melibatkan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan.

Dalam peringatan ini, petugas gabungan, berdiri hingga ke tengah badan dan menghentikan laju kendaraan di lokasi itu. Setelah memberitahukan adanya aktivitas mengheningkan cipta kepada pengendara, suasana di lokasi seketika menjadi hening. 

"Kita bersama para pengendara mengheningkan cipta," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Sujud Dinas Perhubungan Jakarta Timur Andreas Eman di Jakarta, Minggu (10/11).

Mengheningkan cipta, terpantau di sejumlah persimpangan jalan di Jakarta Timur, di antaranya Simpang Pasar Rebo, Simpang Taman Mini, exit Tol Cakung dan Jalan Dewi Sartika.

"Ini dalam rangka mengenang jasa para pahlawan kita yang berjuang untuk kemerdekaan," kata Andreas.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menjadi inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2019, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 10 November 2019.

Jokowi meletakkan karangan bunga di tugu TMPN Utama Kalibata dan usai upacara, juga menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan. Upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2019.

Pada tahun ini, Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam orang tokoh.  Mereka adalah Ruhana Kudus dari Provinsi Sumatera Barat, Sultan Himayatuddin Oputa Yii Ko dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Prof M Sardjito dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdoel Kahar Moezakir dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Alexander Andries (AA) Maramis dari Provinsi Sulawesi Utara, dan KH Masykur dari Provinsi Jawa Timur.

Artikel Menarik Lainnya: 

alwan
alwan

Alwan

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU