Bamus Betawi Kritisi Lokasi Gedung Kesenian Betawi

- Rabu, 20 November 2019 | 14:59 WIB
Pentas Tari Topeng di Gelanggang Terbuka Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Antara/Abdu Faisal)
Pentas Tari Topeng di Gelanggang Terbuka Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Antara/Abdu Faisal)

Sahabat Indozone tahu tidak kalau DKI Jakarta punya lokasi yang dijadikan sebagai pusat kebudayaan Betawi? Lokasinya di Setu Babakan atau Danau Babakan yang terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan.

Lokasi ini memang ditunjuk sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi yakni suatu area yang diperuntukkan untuk pelestarian warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi.

Lokasi ini memang jauh dari pusat kota, oleh sebab itu, Wakil Ketua Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) Rahmat HS mengusulkan Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) diubah jadi Gedung Kesenian Betawi.

"Saya usulkan kalau bisa gedung Kesenian Jakarta jadi Gedung Kesenian Betawi kalau dananya belum ada. Kalau ada dananya ya alhamdulillah. Jangan kita dibuatkan gedung kesenian dipinggiran kota yang jauh dari pusat keramaian, karena ini enggak jadi apa-apa," terangnya, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) menerima saran/masukan dalam rangka penyusunan program pembentukan peraturan daerah tahun 2020, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/11).

Bahkan, ia mengungkapkan untuk menuju ke Setu Babakan Sahabat Indozone akan butuh waktu lama.

"Kalau kita sekarang ke Setu Babakan sampainya asar," tambahnya.

Lebih lanjut, Rahmat menjelaskan jika berkaca dengan negara-negara tetangga yang menonjolkan soal budaya, maka mereka juga menempatkan kekhasannya di pusat kota. Harapannya agar wisatawan mengenal kearifan dari lokasi yang dituju.

"Kalau bisa ini di tengah kota dan jadi konsumsi turis mancanegara khususnya. Kalau turis asing datang ke Jakarta kalau mau lihat kearifan lokalnya ada di sini," tuturnya. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X