Soal Kebakaran Depo Plumpang, Kapolri Duga Ada Gangguan Teknis saat Pengisian BBM

- Minggu, 5 Maret 2023 | 10:35 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (NDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (NDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan tim investigasi gabungan dari Polri dan pihak terkait, akan mendalami penyebab terjadinya kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.

Dia mengatakan dari tinjauan dan laporan awal yang diterimanya, peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 20.00 WIB. Awalnya, kata Sigit, di lokasi itu sedang dilakukan pengisian bahan bakar minyak jenis pertamax yang dikirim dari Balongan.

Saat pengisian, terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan terjadinya tekanan berlebihan. Setelah itu, terjadilah kebakaran.

Meski begitu, tim investigasi gabungan masih akan terus melakukan pendalaman terkait dengan sumber api awal di lokasi kejadian.

"Tentunya untuk mencari tahu sumber api dari mana, ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim," ujar Sigit sebagaimana dilansir Antara, Minggu (5/3/2023).

Baca Juga: Kapolri Sebut Dugaan Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Sudah Dikantongi, tapi...

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim ini menegaskan bilamana tim investigasi gabungan melakukan pendalaman dengan meminta keterangan beberapa saksi hingga memeriksa CCTV.

Dengan dilakukannya pendalaman secara komprehensif, kata Sigit, tim investigasi gabungan akan melakukan proses pembuktian dengan scientific crime investigation (SCI).

"Saat ini, kita sedang kumpulkan saksi, CCTV, kemudian hal-hal yang kita perlukan sifatnya teknis sehingga nanti bisa kita jelaskan secara scientific crime investigation tentang peristiwa yang sebenarnya. Khususnya terkait sumber api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran," tandas Sigit.

Baca Juga: Usut Kebakaran Depo Plumpang, Kapolri Kerahkan Tim Gabungan

Sebelumnya, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara ludes dilahap si jago merah pada Jumat, 3 Maret 2023 malam. Api dengan ganasnya merambat hingga menghanguskan dua RW disekitar Depo.

Rumah-rumah warga-pun banyak yang ludes terbakar. Tak hanya itu, banyak rumah warga yang roboh usai terbakar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X