The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Saat Anies Baswedan Sanjung Sosok SBY yang Dianggap Konsisten Jaga Demokrasi di Indonesia
Anies Baswedan (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
News

Saat Anies Baswedan Sanjung Sosok SBY yang Dianggap Konsisten Jaga Demokrasi di Indonesia

Kamis, 02 Maret 2023 16:57 WIB 02 Maret 2023, 16:57 WIB

INDOZONE.ID - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyebut, Partai Demokrat selalu konsisten menjaga demokrasi di Indonesia, baik sedang berkuasa maupun tengah menjadi oposisi. 

Bahkan Anies mengingat kala SBY yang dianggapnya konsisten menjaga demokrasi di Indonesia saat di dalam pemerintahan ataupun menjadi penyeimbang di luar pemerintah alias oposisi.

“Teringat pada masa pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), pada masa Partai Demokrat konsisten menjadi contoh di dalam menjaga demokrasi, baik saat berada di dalam pemegang kekuasaan, maupun saat menjadi penyeimbang kekuasaan,” kata Anies di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023). 

Baca Juga: Saat Anies Baswedan Nostalgia Momen PKS Bisa Menangkan SBY di Pemilu 2004

Anies menilai, konsistensi Demokrat dalam menjaga kondusifitas demokrasi di dalam negeri tidak bisa dilepaskan dari sosok SBY yang terpilih menjadi Presiden RI lewat pemilihan langsung pada Pilpres 2004. 

"Pak SBY adalah Presiden Indonesia pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di dalam sebuah pesta demokrasi tahun 2004 waktu itu," ungkap Anies.

Selama menjadi presiden, kata Anies, SBY memegang amanah sebagai kepala negara yang menjaga aturan hingga etika demokrasi. Tak hanya itu, SBY juga bersikap netral pada aspek penegakan hukum dan pergantian kekuasaan.

“Karena itu setiap kali berdiskusi, berinteraksi dengan mas AHY, dengan seluruh jajaran Partai Demokrat percakapan kami selalu diwarnai dengan ikhtiar untuk menegakkan demokrasi itu,” ujarnya. 

Baca Juga: MK Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Ini Respons Anies Baswedan

Anies menambahkan, keputusan SBY untuk memberikan kepercayaan kepada AHY sebagai Ketum Demokrat adalah langkah yang tepat.

"Bisa saya sampaikan di tempat ini bahwa Partai Demokrat is in a good hand, Insya Allah ke depan akan terus berada di tangan yang tepat," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US