Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Besok, Ini Tahapannya

- Kamis, 1 Desember 2022 | 20:39 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono. (instagram/@yudo_margono88).
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono. (instagram/@yudo_margono88).

Komisi I DPR RI bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, pada Jumat (2/12/2022) besok. 

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyampaikan, fit and proper test terhadap Laksamana Yudo akan digelar seharian penuh. Adapun tahapannya, kata dia, dimulai dengan verifikasi persyaratan. 

“Satu hari penuh ya, dimulai dengan verifikasi persyaratan di pagi hari," kata Meutya kepada wartawan, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Ungkap Alasan Pilih Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI, Presiden Jokowi: Rotasi Matra

Kemudian, diungkapkan Meutya, dilanjutkan dengan mendengarkan visi dan misi yang disampaikan Laksamana Yudo. Dia menyebut, Yudo mendapatkan kesempatan 30 menit untuk memaparkan visi dan misinya. 

“Lalu mendengarkan visi misi dan pendalaman dalam rapat pukul 13.30 WIB. Penyampaian visi misi oleh calon panglima disepakati dalam rapat internal komisi; 30 menit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Politisi Golkar ini menuturkan, sedianya fit and proper test akan digelar secara terbuka. Namun, dapat berlangsung secara tertutup apabila ada pemaparan yang bersifat rahasia dan strategi. 

“Direncanakan dilakukan terbuka, kecuali jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup,” jelas Meutya.

Baca Juga: Profil Laksamana Yudo Margono, Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

Proses selanjutnya, kata Meutya, yakni verifikasi faktual ke kediaman Laksamana Yudo. Proses ini dilakukan setelah rapat fit and proper test rampung. 

“Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah rapat fit and proper test selesai,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X