Pj Gubernur DKI Mengangkat Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 07:02 WIB
  Marullah Matali (tengah) dilantik sebagai Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata oleh Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta, Jumat (2/12/2022). ANTARA/HO-Pemprov DKI
Marullah Matali (tengah) dilantik sebagai Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata oleh Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta, Jumat (2/12/2022). ANTARA/HO-Pemprov DKI

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mencopot Marullah Matali dari Jabatannya sebagai Sekda DKI Jakarta menjadi Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata.

Selain itu, dia juga mengangkat Uus Kuswanto untuk mengantikan Marullah sebagai Plt Sekda DKI Jakarta.

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi menyatakan, perombakan tersebut sebagai bentuk penyegaran.

Baca juga: Sebelum Jadi Sekda DKI, Ini Sepak Terjang Karir Marullah Matali

"Jadi pelantikan tadi kita membuat penyegaran," ujar Prasetyo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

-
Marullah Matali memberikan sambutan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2022). (ANTARA/YouTube Dinkes DKI Jakarta/Ricky Prayoga)

Menurutnya, perombakan tersebut dikarenakan kesibukan Pj Gubernur yang padat. Sehingga Marullah diharapkan dapat mewakili kegiatan Pj Gubernur.

"Kasihan juga Pak Pj Gubernur ini kan sendiri mungkin kesibukannya dia sangat padat. Kalau misalkan beliau tidak bisa hadir, dia (Marullah Matali) bisa mewakili gubernur itu aja," sambung Prasetyo.

Baca juga: 2 Pekan Jadi Sekda DKI, Marullah Matali Masih Rangkap Jabatan Plt Wali Kota Jaksel

Sementara itu, menurut Prasetyo untuk posisi Sekda definitif akan ditunjuk langsung oleh pemerintah pusat. Sehingga dia belum mengetahuinya.

"Kalau sekda di tangan pemerintah pusat nanti assement baru siapa orang-orangnya," tambah Prasetyo

Namun, Prasetyo menegaskan bahwa yang akan mengisi posisi Sekda definitif berasal dari luar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI.

"Kalau dari saya ya, feeling saya, (sekda definitif) dari luar (Pemprov DKI), bukan dari dalam. (Nantinya) Pak Uus-nya (akan) kembali ke asisten (kesejahteraan rakyat) lagi," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X