Hasil Autopsi Ulang Brigadir J, PDFI: Tak Ada Luka Lain Selain Luka Akibat Tembakan

- Senin, 22 Agustus 2022 | 15:56 WIB
Ketua PDFI Ade Firmansyah di Bareskrim Polri, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Ketua PDFI Ade Firmansyah di Bareskrim Polri, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Persatuan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) akhirnya membeberkan hasil autopsi ulang terhadap jasad Brigadir J. Hasilnya diyakini tidak ditemukan luka lain selain luka akibat tembakan.

"Saya bisa yakinkan sesuai hasil pemeriksaan kami baik pada saat kita lakukan autopsi maupun dengan pemeriksaan penunjang dengan pencahayaan dan hasil pemeriksaan mikroskopik, tidak ada luka-luka pada tubuhnya selain luka-luka akibat kekerasan senjata api," kata Ketua PDFI Ade Firmansyah kepada wartawan di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Ade memastikan pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap jasad Brigadir J terutama pada bagian luka-luka yang dicurigai oleh pihak keluarga Brigadir J. Hasilnya dipastikan tidak ada luka lain selain luka akibat tembakan.

"Jadi luka-luka yang kita dapat, semua tempat-tempat yang mendapatkan informasi dari keluarga, yang diduga dari tanda-tanda kekerasan, namun kami sudah bisa pastikan dengan keilmuan forensik yang sebaik-baiknya bahwa tidak ada tanda-tanda kekerasan selain kekerasan senjata api dari tubuh korban," beber Ade.

BACA JUGA: Bantah Pernah Bilang Kapolda Metro akan Susul Ferdy Sambo, Mahfud: Dia Kena Prank Juga!

Selain itu, Ade mengungkap jika hasil autopsi ini sudah diserahkan pihaknya ke Timsus Polri. PDFI sendiri berharap hasil autopsi ini dapar membantu penyidik Polri untuk membongkar kasus ini.

"Kami sesuai dengan Pasal 133 ayat 1 bahwa memang ini kewenangan penyidik untuk membuat terang perkara ini dan kami harapkan memang hasil yang kami berikan ini bisa semakin meyakinkan penyidik tentang bagaimana luka-luka yang ada pada tubuh korban serta bagaimana efeknya terhadap tubuh almarhum," kata Ade.

Sebelumnya, pihak keluarga Brigadir J curiga dengan luka-luka yang  ada di tubuh Brigadir J hingga mereka meminta adanya proses autopsi ulang. Polri sendiri mengabulkan permintaan tersebut dan sudah melakukan autopsi kedua atau ekshumasi terhadap jasad Brigadir J yang sudah dilakukan pada bulan Juli yang lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X