The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ibu-ibu PKK Rakornas 2022 di Penajam Paser Utara, Ini Kegiatannya
Ketua Bidang IV TP PKK Safriati Safrizal (Dok Kemendagri)
News

Ibu-ibu PKK Rakornas 2022 di Penajam Paser Utara, Ini Kegiatannya

Sabtu, 17 September 2022 21:05 WIB 17 September 2022, 21:05 WIB

INDOZONE.ID - Ibu-ibu PKK menggelar Rakornas 2022 dengan berbagai kegiatan. Acara dihelat di calon Ibu Kota Negara, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Kelompok Kerja IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan (Pokja IV) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sukses menggelar Rakornas 2022 itu. Kegiatan yang dihelat selama tiga hari itu dimulai sejak Rabu-Jumat 14-16 September 2022 di titik lokasi seputar Ibu Kota Negara Nusantara. 

Seremonial pembukaan digelar di Titik Nol Nusantara pada Kamis (15/9/2022), ditandai dengan pemukulan kentongan bersama yang dilakukan oleh Sekretaris Umum TP PKK Nani Suhajar Diantoro, didampingi Ketua Bidang IV TP PKK Safriati Safrizal, Ketua TP PKK Kabupaten Penajam Paser Utara Satriyani Sirajuddin Hamdan dan Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdan. 

Baca Juga: Kemendagri Beri PR Ini ke Pemda Buat Cegah Penyebaran Covid-19

Dalam acara yang berlangsung seharian itu, diselipkan agenda yang unik jelang penutupan, berupa gelaran atraksi simulasi penanganan kebakaran tingkat rumah tangga dan mitigasi bencana. Simulasi dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Penajam Paser Utara yang bersinergi dengan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. 

Sebelumnya pada Rabu (14/9/2022), telah berlangsung Sosialisasi Petunjuk Teknis Pelaksanaan dan Pelaporan Pilot Project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana, yang meliputi Strategi Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana, kepada para perwakilan TP PKK dari seluruh Indonesia di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Bobot materi yang disampaikan membuat acara ini juga berlangsung seharian. 

Meski telah beraktivitas sejak pagi hingga sore, para kader TP PKK yang hadir dan berpartisipasi secara langsung ini masih tetap memiliki energi untuk hadir dalam malam ramah tamah selama dua malam berturut-turut. Rabu malam bersama Plt Bupati Penajam Paser Utara di Kantor Pemerintah Bupati Penajam Paser Utara, dan Kamis malam di Grand Tjokro Balikpapan bersama Sekretaris Umum TP PKK yang didampingi Ketua Bidang IV TP PKK. 

Baca Juga: Kemendagri: Lapor Uang Anggaran Penting untuk Transparansi

Di antara padatnya jadwal agenda kegiatan dalam rangkaian Rakornas Pokja IV TP PKK, para kader penuh dedikasi ini tidak lupa menyisihkan waktu untuk meninjau salah satu posyandu desa mandiri yang tergolong sukses dengan keberhasilan program UP2K-nya (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dan mampu menekan angka stunting. Posyandu itu adalah Posyandu Bougenvil di Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Dedikasi, semangat dan energi yang dimiliki para kader Pokja IV TP PKK ini memang luar biasa hebat.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US