Sempat Turun, Ini 3 Faktor yang Bikin Elektabilitas Ganjar Kembali Menguat

- Senin, 17 April 2023 | 10:57 WIB
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali meningkat setelah sempat turun. (ANTARA/HO/Wisnu Adhi)
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali meningkat setelah sempat turun. (ANTARA/HO/Wisnu Adhi)

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengalami peningkatan dalam rilis terbaru yang dikeluarkan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Sabtu (15/4/2023).

Mengenai hal tersebut, Pengamat politik Adi Prayitno mengungkapkan, ada tiga faktor yang membuat nama Ganjar kembali melejit. Misalnya, para pemilih cepat melupakan dan memaafkan Ganjar ihwal Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, yang sempat membuat elektabilitas Ganjar merosot.

Punya Memori Pendek

"Pemilih kita itu kan memorinya pendek, cepat marah tetapi cepat pula memaafkan, cepat pula memilih orang yang sempat dibenci itu. Banyak kasus banyak kejadian di negara ini, partai, elite ataupun calon itu dibenci, dibully, tetapi sifatnya sesaat. Setelah itu publik lupa dan kembali dipilih," ujar Adi kepada wartawan, Senin (17/4/2023).

Lebih lanjut Adi menjelaskan, kemesraan yang ditampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ganjar saat seharian berada di Solo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, juga menjadi jawaban sekaligus menepis isu keretakan yang terjadi di antara kedua figur tersebut.

Baca Juga: Survei SMRC: Sempat Turun, Elektabilitas Ganjar Kembali Ungguli Prabowo-Anies

Hubungan dengan Jokowi

Hal itu, sambung Adi, menjadi aspek penting yang membuat para pendukung Jokowi kembali melihat sosok Ganjar, dan berbondong-bondong memilih Ganjar sebagai penerus Jokowi di 2024.

"Kemesraan Jokowi dan Ganjar tentu jadi variabel yang cukup penting, terutama bagi pendukung Jokowi melihat Ganjar sebagai sosok yang kembali mesra dengan Jokowi dan tidak ada persoalan apapun yang signifikan. Basis loyalis Jokowi itu kembali berbondong-bondong memilih Ganjar Pranowo," urai Adi.

-
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengalami peningkatan dalam rilis terbaru yang dikeluarkan lembaga survei SMRC. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Tak hanya itu, Adi mengemukakan kembalinya suara para pemilih Ganjar juga tak lepas dari sikap tegas Gubernur Jateng itu saat mengeluarkan pernyataan politiknya yang menolak Israel bermain di Piala Dunia U-20, dan membuat Indonesia batal menjadi tuan rumah.

Bertanggung Jawab Hadapi Blunder

Kata Adi, keberanian kader PDIP itu untuk bertanggung jawab dan menghadapi protes publik kepadanya, juga dinilai menjadi poin tambah tersendiri untuk Ganjar. Hal ini membuat Ganjar kembali menerima simpati para pemilih.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ganjar Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Kudus

"Artinya keberanian menghadapi persoalan yang blunder, persoalan yang dihadapi adalah bagian dari nilai positif yang dimiliki oleh Ganjar. Jadi sebenarnya kegaduhan, bully-bully itu tidak selamanya negatif. Kalau bisa dijelaskan ke publik dengan baik, dihadapi dengan baik, ya secara perlahan masyarakat akan simpati lah," ucap Adi.

Dalam survei terbaru SMRC, nama Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan suara 26,8 persen, mengungguli Prabowo Subianto dengan raihan suara 25,4 persen.

Sementara itu, nama Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan total suara 16,7 persen, diikuti Ridwan Kamil dengan raihan suara sebanyak 13,8 persen.

Berikutnya, ada nama Mahfud MD 4,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen. Sisanya sebanyak 11,1 persen pemilih tidak menjawab atau tidak tahu.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X