Banjarmasin Keluar dari Peringkat 10 Besar Kota Tertinggi Inflasi

- Kamis, 2 Februari 2023 | 07:58 WIB
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina (tengah) di RTH Kamboja Banjarmasin. (ANTARA/Sukarli)
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina (tengah) di RTH Kamboja Banjarmasin. (ANTARA/Sukarli)

Kota Banjarmasin akhirnya bisa bernapas lega lantaran sudah keluar dari peringkat sepuluh besar kota tertinggi inflasi pada 2023.

Kabar baik itu dikabarkan langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ichrom Muftezar saat gelar pasar murah di lapangan RTH Kamboja, Banjarmasin Tengah, beberapa waktu lalu.

"Pada Oktober 2022 itu peringkat 6, pada Desember 2022 turun ke peringkat 9 dan pada Januari 2023 ini informasinya ada di peringkat 13," ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara.

Baca Juga: Dijuluki Sebagai Kota Seribu Sungai Ini Hal Menarik dari Banjarmasin Wajib Kamu Ketahui

Menurut Tezar, panggilan akrabnya, turunnya rangking tertinggi inflasi dari sebanyak 73 kota yang mengalami inflasi se-Indonesia tersebut dengan berbagai upaya yang dilakukan tim pengendalian inflasi Kota Banjarmasin.

"Salah satunya gelar pasar murah ini, adapula operasi pasar barang-barang yang mengalami inflasi, seperti beras dan telur," ujar Tezar.

Seperti diketahui, kata dia, pemicu inflasi tertinggi di Kota Banjarmasin sesuai data Badan Pusat Statistik Provinsi Kalsel karena komoditas beras lokal.

"Dulu sempat harga beras lokal itu Rp20 ribu per liternya, sekarang sudah turun sekitar Rp16 ribu atau Rp17 ribu per liter," ungkap dia seraya menambahkan penjualan beras di Kota Banjarmasin kebanyakan sistem liter.

Dia pun menyampaikan upaya menurunkan harga beras lokal atau beras Banjar ini dengan mendatangkan beras dari Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Karena jenis beras Pamanukan ini mirip beras Banjar," tutur Tezar.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang membuka secara resmi Pasar Murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin di RTH Kamboja, Selasa, menyampaikan apresiasi tinggi atas kegiatan penanggulangan inflasi daerah ini.

Baca Juga: Kisah Pria Beristri 3 di Banjarmasin, Hidup Akur dan Damai

Apalagi, ucap dia, pada pasar murah ini menyiapkan sebanyak dua ton beras.

Menurut dia, Pemkot Banjarmasin melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka inflasi, salah satunya dengan menggunakan stok pangan milik pemerintah yang ada disimpan di Bulog.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X