Puan Resmikan Pasar Banyumas: Jangan karena Datang Hari Ini Jadi Bersih, Besok Kotor Lagi

- Rabu, 6 Juli 2022 | 11:55 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani resmikan Pasar Banyumas, Jawa Tengah. (INDOZONE/Harits Tryan)
Ketua DPR RI Puan Maharani resmikan Pasar Banyumas, Jawa Tengah. (INDOZONE/Harits Tryan)

Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Pasar Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2022). Dia pun berpesan kepada para pedagang dan pembeli untuk tetap merawat serta menjaga kebersihan pasar yang baru saja direhabilitasi .

“Jadi ini akan menjadi penting ya, tentu pedagangnya di Pasar Banyumas ini terus menjaga kebersihan, plus yang datang pun harus menjaga kebersihan,” tutur Puan.

Dia tak ingin pasar Banyumas terlihat bersih saat diresmikan olehnya saja. Namun setelah itu, kebersihan tidak bisa dijaga karena tidak adanya kesadaran dari penjual dan pembelinya.

“Artinya bukan karena kita semua hari ini datang pasarnya bersih karena dibersihin dulu tadi malam, tapi besok kotor lagi. Nah, ini tentu saja tanggung jawab dari pemda, tentunya untuk mengawasi,” harap Puan.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Fuji Kurban Sapi untuk Mendiang Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel

Untuk itu, dia berpesan kepada pemerintah khususnya di Kementerian PUPR saat menyerahkan pengelolaan pasar Banyumas ke Pemerintah Daerah (Pemda) dapat menyelesaikan hal-hal yang belum selesai.

“Saya juga ingin berpesan kepada Kementerian PUPR pada akhirnya setelah ini diresmikan tentu akan diambil alih oleh pemda, namun sebelum ditinggalkan tolong diselesaikan hal-hal kecil yang mungkin masih berserakan,” pinta Puan.

“Namanya membangun sebuah gedung, sama dengan membangun sebuah rumah. Pasti ada hal-hal kecil yang belum selesai, namun tidak terlihat, namun akan terlihat kalau kita sudah masuk ke rumahnya atau ke gedungnya,” tambahnya.

Puan juga mengungkap alasannya meresmikan Pasar Banyumas karena telah berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Ketika itu dia menanyakan, pasar mana saja di Jawa Tengah yang sudah rehabilitasi, namun belum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Waktu itu saya bicara Pak (Menteri) PUPR di Jawa Tengah, Apa lagi ya yang bisa dilihat, dipilih dan diresmikan? ‘Oh ada bu, beberapa pasar di Jawa Tengah, namun mungkin Pak Presiden berkenan untuk meresmikan,’” papar Puan.

“Dan saya sampaikan, ‘ya udah, kan Jawa Tengah besar, mungkin belum sempat diresmiikan oleh presiden, (jadi) Ketua DPR akan meresmikan’. Alhamdulillah salah satunya Pasar Banyumas ini,” tutup Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X