The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ridwan Kamil vs Ganjar Pranowo, Siapa yang Paling Punya 'Rasa' Gen Z dan Milenial?
Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO)
News

Ridwan Kamil vs Ganjar Pranowo, Siapa yang Paling Punya 'Rasa' Gen Z dan Milenial?

Rabu, 10 Agustus 2022 14:53 WIB 10 Agustus 2022, 14:53 WIB

INDOZONE.ID - Perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memang masih hitungan tahun lagi, namun geliat dari para politisi yang digadang-gadang akan ikut meramaikan perbutan kursi nomor satu di negeri ini sudah jauh-jauh hari "perang" di sosial media.

Tujuan mereka tidak lain adalah menarik perhatian para Gen-Z dan Milenial yang memang sangat dekat dengan sosial medial khususnya Instagram dan TikTok, pun begitu juga dengan sosial media lain seperti YouTube, Line hingga Twitter.

Dari beberapa kandidat yang namanya mulai mencuat dan digadang-gadang akan maju atau diusung sebagai calon presiden 2024, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa disebut paling rajin muncul di media sosial.

Apa Kata Gen-Z?

Bima Febriyanto (20), salah seorang mahasiswa Universitas Gunadarma mengaku tidak begitu kenal dengan dua sosok tersebut hanya sebatas mengetahui jika mereka adalah seorang tokoh politik. Sesekali, ia melihat postingan-postingan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di sosial media.

Meski demikian, pada dasarnya, Bima tidak terlalu tertarik dan mengikuti isu-isu seputar politik meski ia sering melihat para aktor politik muncul di beranda sosial media seperti Instagram maupun TikTok.

"Jujur gak terlalu mengikuti politik dan mungkin gak begitu peduli juga siapa nanti yang akan jadi Presiden RI setelah Jokowi. Gue cuma yakin siapapun presidennya nanti, pasti akan memberikan yang terbaik," ujarnya kepada Indozone, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Ilustrasi Bikin Bakcang Mini, Dikira Sekedar Mainan Tapi Hasilnya Bikin Tercengang

Sama seperti Bima, Safira Meidina (21) juga tidak begitu tertarik dengan isu-isu seputar politik. Namun, ia mengaku cukup mengenal Ganjar khususnya Ridwan Kamil.

"Sering lihat sih dia (Ridwan Kamil) muncul di sosmed gitu. Apalagi kemarin setelah kejadian anaknya tenggelam jadi makin tahu sosoknya," kata Safira.

Ia juga mulai tertarik dengan konten-konten yang disajikan Ridwan Kamil karena dianggap realeted dengan anak muda.

"Konten-kontennya menarik dan kreatif sih. Kemarin dia kan juga ikutan trend Citayam Fashion Week. Jadi gue lihatnya dia kayak masih punya jiwa muda gitu," ungkapnya.

Apa Kata Akademisi Milenial?

Indozone juga coba meminta pandangan dari kalangan akademisi dari kaum Milenial, seperti Indah Suryawati, salah seorang dosen di Universitas Budi Luhur pernah melakukan riset tentang popularitas tokoh politik yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Gunung Kidul Jogja yang Lagi Hits di Tahun 2022

Dari hasil risetnya, di urutan pertama, adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan nama akun @ridwankamil, Pertama kali ia mengunggah foto ke instagram pada 14 April 2012  dengan  jumlah followers mencapai 14 M, following sebanyak 4.469 dan postingan sebanyak 7.114  (Instagram,18 Juli 2021).

@ridwankamil.official

MEREKAM MOMEN, Dengan mengajak si bungsu dan Bu Cinta ke photo booth versi 2.0 yang tinggal pijit remote. Memori visual menjadi penting, karena ia adalah rekaman perjalanan waktu hidup kita yang terkadang tidak bisa diputar ulang lagi.#ridwankamil #fyp

? suara asli - KANG EMIL - KANG EMIL

"Sementara Ganjar ada di urutan ketiga dengan  nama  akun @ganjar_pranowo. Pertama kali  mengunggah ke Instagram pada  29 Oktober 2015 dengan jumlah followers sebanyak  3,6 M," jelasnya kepada Indozone, Senin (8/8/2022).

Sementara itu, Irmawati Oktavianingtyas mahasiswa pascarajana Universitas Sahid menilai bahwa Ridwan Kamil sepertinya lebih dekat dan punya "taste" Gen-Z serta milenial. Karena Ridwan Kamil ketika membuat konten, lebih mengena ke Gen-Z. 

Sedangkan Ganjar, kata dia, konten-konten yang ia tampilkan terlalu dipaksakan dan lebih ke blusukan meniru gaya yang dilakukan Presiden Jokowi dulu, dan itu menurutnya tidak masuk ke Milenial apalagi Gen-Z.

"Sepertinya Ridwan Kamil deh lebih ke Gen-Z dan Milenial. Dia jago bikin konten dan lebih kena ke Gen-Z dan Milenial. Ganjar terlalu dipaksakan kayak pak Jokowi pencitraannya, lebih ke blusukan," ujar kandidat Doktor Ilmu Komunikasi ini.

Hasil Survei

hasil survei Indikator Politik Indonesia terakhir, sangat berbeda dari lembaga- lembaga survei lainnya. Indikator menempatkan Prabowo pada urutan kelima, sementara lembaga-lembaga survei lainnya menempatkan Prabowo pada urutan pertama.

Indikator mengatakan bahwa sampel mereka sangat berbeda dari lembaga lainnya. Indikator hanya menggunakan sampel kelompok berusia 17-21 tahun, yang jauh lebih sempit dari lembaga survei lainnya yang menggunakan sampel berusia 17 tahun ke atas tanpa batas usia maksimal (Voice of Indonesia, 2021).

Temuan ini juga dikonfirmasi oleh IPO (Indonesian Political Opinion) yang walaupun tidak memberikan batasan umur, tetapi memiliki tingkat akurasi hingga 97%, lebih tinggi dari lembaga survei umumnya. IPO menemukan lima kandidat utama adalah Anies Baswedan (15,8%), Ganjar Pranowo (12,6%), Sandiaga Uno (9,5%), Ridwan Kamil (7,9%), dan Agus Yudhoyono (7,1%). Prabowo hanya ada di peringkat keenam dengan perolehan 5,7%.

Jadi kalian para Gen-Z dan Milenial, kalau keduanya yakni Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil benaran maju sebagai Capres di 2024 nanti, bakalan milih siapa nih?

Artikel Menarik Lainnya:

Lawan Politik Agama, PSI "Ancam" Kadernya Jika Dukung Anies akan Ada Seleksi Alam!

Tanggal 18 Agustus, Realme Pad Mini Siap Tebar Pesona di Indonesia

Gak Jadi Diundur, iPhone 14 dirilis Lebih Cepat?

TAG
Fahmy Fotaleno
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US