Ridwan Kamil vs Ganjar Pranowo, Siapa yang Paling Punya 'Rasa' Gen Z dan Milenial?

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:53 WIB
Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO)
Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO)

Perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memang masih hitungan tahun lagi, namun geliat dari para politisi yang digadang-gadang akan ikut meramaikan perbutan kursi nomor satu di negeri ini sudah jauh-jauh hari "perang" di sosial media.

Tujuan mereka tidak lain adalah menarik perhatian para Gen-Z dan Milenial yang memang sangat dekat dengan sosial medial khususnya Instagram dan TikTok, pun begitu juga dengan sosial media lain seperti YouTube, Line hingga Twitter.

Dari beberapa kandidat yang namanya mulai mencuat dan digadang-gadang akan maju atau diusung sebagai calon presiden 2024, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa disebut paling rajin muncul di media sosial.

Apa Kata Gen-Z?

Bima Febriyanto (20), salah seorang mahasiswa Universitas Gunadarma mengaku tidak begitu kenal dengan dua sosok tersebut hanya sebatas mengetahui jika mereka adalah seorang tokoh politik. Sesekali, ia melihat postingan-postingan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di sosial media.

Meski demikian, pada dasarnya, Bima tidak terlalu tertarik dan mengikuti isu-isu seputar politik meski ia sering melihat para aktor politik muncul di beranda sosial media seperti Instagram maupun TikTok.

"Jujur gak terlalu mengikuti politik dan mungkin gak begitu peduli juga siapa nanti yang akan jadi Presiden RI setelah Jokowi. Gue cuma yakin siapapun presidennya nanti, pasti akan memberikan yang terbaik," ujarnya kepada Indozone, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Ilustrasi Bikin Bakcang Mini, Dikira Sekedar Mainan Tapi Hasilnya Bikin Tercengang

Sama seperti Bima, Safira Meidina (21) juga tidak begitu tertarik dengan isu-isu seputar politik. Namun, ia mengaku cukup mengenal Ganjar khususnya Ridwan Kamil.

"Sering lihat sih dia (Ridwan Kamil) muncul di sosmed gitu. Apalagi kemarin setelah kejadian anaknya tenggelam jadi makin tahu sosoknya," kata Safira.

Ia juga mulai tertarik dengan konten-konten yang disajikan Ridwan Kamil karena dianggap realeted dengan anak muda.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

"Konten-kontennya menarik dan kreatif sih. Kemarin dia kan juga ikutan trend Citayam Fashion Week. Jadi gue lihatnya dia kayak masih punya jiwa muda gitu," ungkapnya.

Apa Kata Akademisi Milenial?

Indozone juga coba meminta pandangan dari kalangan akademisi dari kaum Milenial, seperti Indah Suryawati, salah seorang dosen di Universitas Budi Luhur pernah melakukan riset tentang popularitas tokoh politik yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres 2024.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X