KPK Minta Menkes Budi Gunadi Laporkan Temuan soal Jual Beli Izin Praktik Dokter

- Selasa, 31 Januari 2023 | 12:52 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (INDOZONE/Harits Tryan)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (INDOZONE/Harits Tryan)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk melaporkan temuannya soal adanya jual beli izin praktik dokter. Lembaga antirasuah memastikan bakal menindaklanjuti laporan tersebut. 

"Setiap laporan masyarakat ke KPK kami pastikan ditindaklanjuti oleh bagian pengaduan dan pelaporan masyarakat KPK," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Menkes Budi Soroti Serial 'The Last of Us', Pandemi Jamur yang Merebak di Jakarta

Pada tahap awal, kata Ali, KPK bakal memverifikasi dan menelaah laporan tersebut. Hal itu bertujuan untuk memastikan kelengkapan informasinya. 

"Yang berikutnya tim pengaduan juga akan memperkaya informasi tersebut sebagai bagian dari verifikasi dan telaahannya," jelas Ali.

Sebelumnya Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan adanya praktik penerbitan rekomendasi izin praktik dokter di Indonesia. Hal itu disampaikan Budi dalam webinar bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau.

Selain itu, Menkes Budi juga mendengar cerita adanya setoran yang diserahkan ke grup tertentu.

"Ada beberapa dokter yang tidak nyaman karena kalau mau dikasih rekomendasi, ada janji setoran ke atas yang masuk ke grup," kata Budi dalam tayangan YouTube webinar bertajuk 'Polemik Kewenangan Rekomendasi Izin Praktik Dokter' di YouTube Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau dikutip Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Namanya Sama dengan Terduga Korupsi, Rekening Penjual Burung Diblokir, Ini Penjelasan KPK

Pemberian setoran ini, lanjut Budi, dialami sejumlah dokter spesialis. Mereka kebanyakan tidak nyaman tapi tidak bisa berbuat apa-apa lantaran ada ancaman rekomendasi itu tak akan dikeluarkan dengan alasan apapun.

"Padahal rumah sakitnya dan dinas kesehatan butuh," ungkap Budi.

Hanya saja, diungkapkan Budi, rumah sakit dan dinas kesehatan juga tidak bisa berbuat apa-apa dengan adanya praktik ini. Sebab, mereka biasanya ikut-ikutan diancam akan diboikot.

"Jadi ada abuse of power," kata Budi.

Budi membenarkan bahwa pelaku jual beli rekomendasi dokter ini sulit dicari pelakunya. Karena para pelaku biasanya berpesan agar jangan sampai fakta ini tersebar, dan korbannya juga bungkam karena takut.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X