The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jakarta Diguyur Hujan, 19 RT dan 6 Ruas Jalan Tergenang di Jakbar dan Jaksel
Ilustrasi penampakan banjir di Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
News

Jakarta Diguyur Hujan, 19 RT dan 6 Ruas Jalan Tergenang di Jakbar dan Jaksel

Senin, 28 November 2022 23:26 WIB 28 November 2022, 23:26 WIB

INDOZONE.ID - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta menyebabkan kenaikan status siaga Pos Sunter Hulu menjadi Siaga 2 (Siaga) dan Pos Krukut Hulu menjadi Siaga 3 (Waspada).

Selain itu, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, terdapat 19 RT dan 6 ruas jalan tergenang.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 4 ruas jalan tergenang dan 0 RT, saat ini menjadi 6 ruas jalan tergenang dan 19 RT," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji melalui keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: 4 Tips Berkendara Motor di Musim Hujan Supaya Tetap Aman

Data yang diperoleh dari BPBD DKI, terdapat wilayah yang terdampak genangan di Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar). Berikut datanya:

- Kelurahan Cilandak Timur, terdampak genangan sebanyak 2 RT, dengan ketinggan genangan 115 sampai 155 sentimeter yang disebabkan luapan Kali Krukut.

- Kelurahan Pesanggrahan, terdampak genangan sebanyak 13 RT, dengan ketinggian genangan mencapai 40 sampai 50 sentimeter yang disebabkan luapan Kali Krukut.

- Kelurahan Bintaro, terdampak genangan sebanyak 1 RT, dengan ketinggian genangan mencapai 40 sentimeter yang disebabkan luapan Kali PHB Rengas Bintaro

- Kelurahan Bangka, terdampak genangan sebanyak 1 RT, dengan ketinggian genangan mencapai 40 sentimeter yang disebabkan oleh luapan Kali Lenggong

- Kelurahan Kedaung Kali Angke, terdampak genangan sebanyak 2 RT, dengan ketinggian genangan mencapai 40 sentimeter yang disebabkan oleh curah hujan tinggi.

Baca Juga: Resep Sup Oyong Soun Bola Udang, Menu Berkuah Bening Cocok untuk Musim Hujan

Selain itu terdapat 6 ruas ruas jalan yang tergenang banjir, yang dikutip dari BPBD DKI Jakarta terdiri dari:

1. Jl. BHP, Kel. Dukuh, Kec. Kramat Jati, Kec. Ciracas, Jakarta Timur dengan ketinggian genangan mencapai 30 sentimeter.

2. Jl. Pagelarang No. 25 (Taman kembang sepatu), Kel. Dukuh, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur dengan ketinggian genangan mencapai 40 sentimeter.

3. Jl. Haji Garie, RT. 004 RW. 002 , Kel. Pesanggrahan, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan dengan ketinggian genangan mencapai 44 sentimeter.

4. Jl. Kartika RT003/RW004, Kel. Meruya Utara, Kec. Kembangan, Jakarta Barat dengan ketinggian genangan mencapai 55 sentimeter.

5. Jl.Raya Daan mogot samping hotel Samala, Kel. Cengkareng Timur, Kec. Cengkareng, Jakarta Barat dengan ketinggian genangan mencapai 50 sentimeter

6. Jl. Bangun Nusa Raya RT.12/RW.3, Kel. Cengkareng Timur, Kec. Cengkareng, Jakarta Barat dengan ketinggian genangan 40 sentimeter

Sementara itu, terdapat 2 ruas jalan yang telah surut, yakni:

1. Jl. Penganten Ali Ciracas, Kel. Ciracas, Kec. Ciracas, Jakarta Timur

2. Jl. Rawa Cupang, Kel. Cipedak Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji menyatakan, telah memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dengan berkoordinasikan dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat. 

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat" papar Isnawa.

"Untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," sambungnya.

Isnawa juga menyatakan, telah menargetkan banjir untuk surut dalam waktu cepat. Dia menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkas Isnawa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US