Anies Minta Warga Ubah Kebiasaan Memilah Sampah Sebelum Dibuang ke TPST

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berkunjung ke Jakarta Recycling Center (JRC) sebagai Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah di Pesanggrahan yang direncanakan sejak tahun 2018 untuk menjalankan pola pemilahan dan pengangkutan sampah terjadwal.

Anies berharap dengan adanya JRC, ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan sampah, perubahan mekanisme, pengangkutan sampah terpilah dan terjadwal, pemerosesan sampah mudah terurai serta bahan daur ulang.

"Ketika mendengar kata sampah, maka asosiasinya adalah tanpa guna. Sekarang kita mengedepankan sebuah model pengolahan sampah terpadu untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA,” ucapnya, Rabu (5/10/2022).

“Model ini memang paradigma baru, karena ada peran masyarakat partisipasi dalam memulai dari pemilahan sampah. Kemudian, ada perubahan mekanisme pengangkutan sampah yang sudah terpilah dan terjadwal. Lalu, ada proses daur ulang sampah," tambahnya.

Baca Juga: Sebelum Diusung NasDem Jadi Capres, Anies Pernah Tolak Ajakan PKS

Anies juga menjelaskan upaya sadar pemilahan sampah ini dinilai berhasil mereduksi sampah sebanyak 60 hingga 70 persen ke TPST Bantargebang. Keberhasilan tersebut direncanakan akan diperluas ke seluruh Jakarta.

"Hal ini juga disertai pelatihan internal jajaran. Pada tahun 2021 yang dimulai dari uji coba di enam model, sekarang ini telah diterapkan di 1.369 RW di Jakarta, kira-kira 50%. Dan proses ini merupakan pembelajaran,” ungkapnya.

Baca Juga: Jakarta Banjir Lagi, Anies: Telah Kami Antisipasi

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyebutkan hingga kini ada sebanyak 13 persen dari rumah tangga yang konsisten telah melakukan pemilahan sampah.

“Ini harus kita teruskan, karena ini prosesnya mengubah kebiasaan, dari kebiasaan tidak memilah menjadi kebiasaan memilah, dari kebiasaan untuk tidak mengambil dengan jadwal tertentu dengan sekarang terjadwal berdasarkan jenis sampahnya," tandas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X